Kader UKS MTsN 6 Kulon Progo Adakan Skrining Penyakit Tidak Menular

Kulon Progo (MTsN6KP) – Salah satu kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah adalah peningkatkan kesehatan seluruh warganya. Kader UKS MTsN 6 Kulon Progo telah diberikan bekal pelatihan tentang usaha kesehatan sekolah. Untuk itu, Kader UKS MTsN 6 Kulon Progo didampingi petugas Puskesmas Galur 1 mengadakan skrining penyakit tidak menular. Kegiatan skrining ini ditujukan kepada siswa yang sudah berusia 15 tahun, guru, serta pegawai MTsN 6 Kulon Progo.  Kegiatan skrining ini dilaksanakan di serambi mushala MTsN 6 Kulon Progo pada Kamis, (3/11/2022).

Kegiatan skrining kali ini menyasar penyakit tidak menular. Dalam skrining ini, didampingi petugas dari Puskesmas Galur I terdiri dari Erna Prajanti, A.Md.Keb., S.KM, Ninda Pradini, S.Kep, Ns dan Samudra Yudha Hadiyanto, AMK. Dalam kesempatan ini, Kader UKS berjumlah 20 anak yang telah diberi pelatihan. Kegiatan ini juga didampingi guru olahraga selaku koordinator UKS MTsN 6 Kulon Progo yaitu Dra. Sulastri, M.Pd. dan Nasrul Perdhana, S.Pd.Jas. Kegiatan skrining penyakit tidak menular di antaranya meliputi pemeriksaan Tinggi Badan, Berat Badan, Lingkar Perut, Lingkar lengan atas (bagi perempuan), Tekanan Darah, dan Gula Darah. Kader UKS belajar melakukan skrining didampingi petugas puskesmas. Siswa dan guru sangat antusias mengikuti skrining ini. Skrining ini bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular di dalam tubuh.

Kepala Madrasah Zainuri, S.Pd. yang juga mengikuti skrining menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan skrining ini. Selain bermanfaat untuk melatih kader UKS MTsN 6 Kulon Progo juga bermanfaat untuk siswa dan guru. Dengan skrining bisa tahu kondisi tubuh kita dan melakukan tindakan preventif terhadap penyakit tidak menular,” ungkapnya.

Salah satu guru, Dra. Sulastri, M.Pd. selaku koordinator UKS MTsN 6 Kulon Progo menyampaikan terima kasih. “Saya mengucapkan terima kasih kepada petugas Puskesmas Galur 1 yang selalu mendampingi kegiatan kader UKS MTsN 6 Kulon Progo. Salah satunya kegiatan skrining penyakit tidak menular ini. Semoga ke depan lebih banyak diadakan  kegiatan-kegiatan lain untuk menambah wawasan kader UKS MTsN 6 Kulon Progo,” ujarnya. (las/nas/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *