PKKM MTsN 4 Kulon Progo: Madrasah Pinggiran Tetap Idaman

Kulon Progo (MTsN4KP) – Agenda Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) 2022 telah dilaksanakan Rabu (16/11/2022) di ruang pertemuan madrasah setempat. Bertindak selaku asesor dalam PKKM tersebut di antaranya Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Hj. Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum., Kasi Dikmad Kemenag Kulon Progo, Muhamad Dwi Putranto, S.Pd. M.M., Pengawas Madrasah, Hj. Kalimah, S.Ag. M.A., serta Pengawas MTs Barokatussolihah, S.Ag. M.S.I. PKKM kali ini merupakan tahun ke delapan selama Drs. Sukarlan menjabat sebagai kepala madrasah. Selain para asesor, nampak hadir pula memberikan dukungan Ketua Komite, Drs. H. Sukardi, M.A.

Dalam kesempatan tersebut, asesor memberikan beberapa evaluasi terkait kepemimpinan Drs. Sukarlan yang telah berlangsung semenjak tahun 2020. “Saya telah melihat secara langsung bagaimana kepemimpinan Pak Karlan selama ini. Meskipun madrasah yang letaknya di pinggiran, namun madrasah ini memiliki berbagai prestasi serta inovasi dalam berbagai hal. Terus lakukan inovasi dan buat target terarah terencana,” tegas Anita Isdarmini, yang juga mantan kepala madrasah berprestasi nasional tersebut.

Ia sangat mengapresiasi progres dari MTsN 4 Kulon Progo beberapa tahun terakhir. “Kelas Khusus Olahraga harus punya target prestasi nasional,” tandasnya.

“Secara umum tim penilai telah memiliki gambaran, apalagi berkas administrasi yang lengkap dan telah dilakukan sesuai kenyataan. Catatan-catatan riil di lapangan, manajerial yang bagus di bawah kepemimpinan kepala madrasah, kehidupan sosial guru dan pegawai, serta komunikasi dengan komite madrasah menjadi pilar yang akan semakin melejitkan potensi MTsN 4 Kulon Progo,” imbuhnya.

Ia benar-benar menekankan bahwa sekelas MTsN 4 Kulon Progo sebagai satu-satunya madrasah dengan program olahraga di Kulon Progo menjadi barometer di daerah lain ini harus mendapatkan perhatian khusus dari komite madrasah.

Sementara itu, Kasi Dikmad Kankemenag Kulon Progo juga memberikan tanggapan positif terhadap kinerja MTsN 4 Kulon Progo di bawah kepemimpinan Drs. Sukarlan. “Alhamdulillah PKKM telah dilalui, semoga hasilnya terbaik,” ujarnya.

Ia pun berharap ke depannya MTsN 4 Kulon Progo berani mengambil langkah maju untuk berbenah secara fisik. “Tak hanya prestasi, fisik dari madrasah ini juga harus dipercantik. Bagaimana andil komite untuk kemajuan madrasah, ini harus dipikirkan bersama-sama,” tegasnya.

Usai kegiatan PKKM, kepala madrasah juga bersama ketua komite, Drs. H. Sukardi, M.A. mengucapkan rasa terima kasih kepada stakeholder madrasah. “Terima kasih atas dukungan dan peran serta semua warga madrasah untuk menyukseskan PKKM ini. Semoga menjadi amal jariyah,” tuturnya. (siw/abi).
Tetap sehat dan semangat
#No Korupsi

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *