Bookshare MIN 3 Kulon Progo, Habluminallah Habluminannas dan Hablum Minal Alam

Kulon Progo (MIN3KP) – Salah satu keharusan muslim adalah menjalin dua hubungan yaitu habluminallah (hubungan yang baik dengan Allah) dan habluminannas (hubungan baik dengan manusia). Allah tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Nya. Dan yang tak kalah penting lagi hablum minal alam yaitu hubungan manusia dengan alam. Hal tersebut disampaikan oleh Jumardi S.Pd. ketika melaksanakan bookshare dengan judul buku 160 Materi Dakwah Pilihan dari Penulis, Drs. H. Ahmad Yani, Penerbit Alqalam Gema Insani di ruang guru MIN 3 Kulon Progo pada Sabtu (4/2/2023) pagi.

“Salah satu keharusan muslim adalah menjalin dua hubungan yaitu habluminallah (hubungan yang baik dengan Allah) dan habluminannas (hubungan baik dengan manusia). Allah tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Nya. Dan yang tak kalah penting lagi hablum minal alam yaitu hubungan manusia dengan alam,” ucap Jumardi.

“Arti Habluminallah adalah hubungan dengan Allah. Perilaku habluminallah menurut Imam Ghazali yaitu menunaikan perintah syariat. Rela dengan ketentuan dan takdir serta pembagian rejeki dari Allah SWT. Meninggalkan kehendak nafsunya untuk mencari keridhaan Allah SWT,” terangnya.

“Habluminannas adalah hubungan dengan sesama manusia.Contoh perilaku habluminannas menurut Imam Ghazali adalah saling membantu dengan tetangga, memberi makan anak yatim, mengasihi orang miskin. Sedang Hablum minal Alam adalah hubungan manusia dengan alam. Contoh perilaku hablum minal Alam dengan menjaga kebersihan lingkungan, mencegah penebangan liar, tidak mengeksploitasi alam, dan lain-lain,” pungkas Jumardi.

Salah satu peserta Rubiyanti, S.Pd.I. menyampaikan bahwa bookshare kali ini sangat menarik dan bermanfaat. “Apa yang disampaikan dalam buku tersebut banyak manfaatnya. Menambah wawasan kami dalam belajar ilmu-ilmu agama,” ungkap Rubiyanti. (myt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

19 replies
  1. Alisha
    Alisha says:

    I just came to this blog for the first time, and I am very interested in the information presented, I will come back another time, thank you

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *