Pengawas PAI Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushala SDN Gambir

Kulon Progo (Pokjawas) – Pengawas PAI Kankemenag Kulon Progo, Drs. Tukidi, M.S.I. melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mushala Al Ikhlas SDN Gambir, Kapanewon Kokap, Rabu (14/12/2022). Turut hadir dalam acara ini Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan, Komite Sekolah, Dukuh, tokoh masyarakat, dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S).

Dalam sambutannya Tukidi menyampaikan bahwa peletakan batu pertama merupakan simbolis dimulainya pembangunan mushala yang nantinya dapat digunakan sebagai tempat ibadah bagi guru, karyawan, siswa, maupun masyarakat sekitar. “Membangun rumah ibadah itu tanggung jawab bersama. Kami berharap setelah membangun tempat ibadah hingga selesai nantinya benar-benar dirawat dan banyak jamaahnya. Mari sama-sama kita doakan kepada para panita agar dalam pembangunan berjalan dengan baik. Mudah-mudah dengan dibangunnya mushala Al Ikhlas ini cepat selesai serta dapat menambah iman dan takwa kita semuanya. Utamanya warga sekolah dan masyarakat terdekat,” ungkap Tukidi.

Selain sebagai tempat ibadah, Tukidi berharap bahwa fungsi mushala dapat dimaksimalkan untuk kegiatan positif lainnya. “Fungsi utama adalah sebagai tempat ibadah. Selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai laboratorium kegiatan keagamaan bagi siswa-siswi SDN Gambir,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Tukidi juga meninjau lokasi Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SDN Gambir yang digelar pada seluruh kelas. Dalam pamerannya ditampilkan seluruh karya siswa yang aktif dan kreatif dalam menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Sementara itu Kepala SDN Gambir, Surahim, S.Pd. mengatakan bahwa mushala yang akan dibangun dengan luas 7×8 m ini berada di wilayah SDN Gambir Kecamatan Kokap tersebut dibangun atas dasar inisiator dari Kepala Sekolah, guru, dan karyawan dan disambut baik oleh masyarakat lingkungan sekitar.

“Pengambangunan ini diinisiasi karena jumlah siswa-siswi cukup banyak. Maka jamaah harian biasanya dilakukan di ruang kelas yang kecil dan hanya menampung beberapa siswa untuk jamaah. Sementara siswa-siswi SDN Gambir jumlah siswa mencapai 122,” katanya.

Adapun anggaran atau dana pembangunan Mushala Al Ikhlas ini diperoleh dari infak warga masyarakat sekitar, donator, dan alumni SDN yang sudah mapan. Ia juga berharap adanya bantuan dari BAZNAS Kabupaten Kulon Progo.

“Sebelum peletakan batu pertama, dilakukan khataman wirid, tahlil, dan doá yang dilakukan warga masyarakat sekitar bersama guru dan karyawan SDN Gambir,” ujar Surahim. (tkd/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *