Guru dan Siswa Mandaku Ikuti Pelatihan Cloud Computing Sagasitas Tech for Indonesia 2023

Yogyakarta (MAN2KP) –  MAN 2 Kulon Progo mendapat undangan mengikuti Pelatihan Cloud Computing Sagasitas Tech for Indonesia 2023. Diwakili Firman Najib El Mubarok, Arsa Wafi Mahardika dan Cahyo Kartiko  adalah siswa yang mengikuti seleksi Amazon Web System (AWS). Ketiganya didampingi Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Farida Rahmawati, M.Pd., dan Zuli Irawanto,S.T. guru Teknik Informatika MAN 2 Kulon Progo. Mereka mengikuti Pelatihan dan Penyusunan Materi Cloud Computing di Hotel Tara, (28-29/1/2023) yang diselenggarakan oleh Yayasan Sagasitas.

Dalam kesempatan itu, Tim Amazon Web Servis Indonesia menyampaikan bahwa AWS menyediakan akses ke fitur-fitur AWS secara gratis untuk siswa dan guru. Selain itu, AWS melalui AWS Academy juga menyediakan modul pembelajaran Cloud Computing yang dapat di akses secara gratis. Teknologi Cloud Computing dapat membantu siswa dan guru menyelesaikan masalah secara cepat, aman dan terjangkau. Hal ini sangat membantu kegiatan siswa dan guru terutama menghadapi era pendidikan 4.0. Selain itu AWS Indonesia juga memberikan kesempatan untuk meningkatkan pembelajaran yang semakin berkembang seperti sertifikasi AWS, robotics, IoT dan pengenalan teknologi Artificial Intelligence. Oleh karena itu untuk menyusun materi tersebut diselenggarakan pelatihan yang dihadiri perwakilan guru Informatika dan pembina pendamping AWS SMA/SMK/MA se-DIY.

MAN 2 Kulon Progo, menjadi salah satu bagian yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Kegiatan hari pertama, Sabtu (28/1/2023) berupa pembukaan dilanjutkan dengan overview dan strategi pembelajaran Cloud Computing AWS Technology baru, penyampaian 4 materi berupa AWS Skill Builders, pendaftaran akun Amazon, introduction UI/UX Web Design, pengenalan IoT dan Road to Artificial Intelligence.

Pada sesi malam peserta dibagi menjadi 3 tim yaitu tim Kurikulum Informatika, tim Ekstrakurikuler dan tim Projek P5. Ketiga tim tersebut diberi  tugas untuk mendesain panduan pengembangan materi pembelajaran Cloud Computing di sekolah. Pada hari kedua, Ahad (29/1/2023), tim Kurikulum Informatika, tim Ekstrakurikuler, dan tim Projek P5 mempresentasikan hasil diskusi masing-masing tim dan menerima masukan-masukan dari tim yang lain. Kapita selekta, evaluasi menjadi akhir acara. (giant/ast/dpj)

1 reply
  1. Perangkat IoT
    Perangkat IoT says:

    I just read your article and I found it very enlightening and informative. Thank you for sharing such valuable insights. I would also like to extend an invitation to you to visit my website Perangkat IoT and we can collaborate with each other.

    warm regard.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *