Guru MIN 2 Kulon Progo Narasumber Pelatihan Jurnalistik

Kulon Progo (MIN2KP) – Dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis bagi guru madrasah supaya lebih dikenal oleh masyarakat, maka Kelompok Kerja Guru (KKG) kelas dua mengadakan pelatihan jurnalistik. Kegiatan yang diikuti oleh 34 guru kelas dua MI se-Kulon Progo. Sebagai narasumber Sri Handani Widiyaningrum, S.Ag. dari MIN 2 Kulon Progo. Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut berlangsung di MIM Grubug, Nanggulan, Rabu (8/2/2023).

“Untuk membuat berita yang terpenting kemauan dari diri kita sendiri. Bila sering menulis berita, maka akan lebih mudah. Sebaiknya segera dibuat supaya berita tersebut memang kabar terbaru serta kondisi masih segar dalam ingatan kita. Runtutan peristiwa yang kita alami ataupun apa yang disampaikan oeh narasumber masih teringat dengan jelas,” tuturnya.

“Menulis dibutuhkan keahlian tersendiri, di samping itu harus mengikuti kaidah penulisan berita yakni 5 W+1 H (What, When, Where, Why, Who, dan How) serta beberapa catatan penting yang harus dilaksanakan. Harapannya nanti guru-guru lebih sering membuat berita terkait kegiatan di madrasahnya. Dengan berita melalui website yang kita kirimkan, diharapkan madrasah kita akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya di lingkungan sekitar saja, tetapi juga luar daerah,” imbuh Sri Handani.

Salah satu peserta guru MI Ma’arif Petet, Basrofi mengaku senang mengikuti pelatihan tersebut. ”Saya senang mengikuti pelatihan ini dan berterimaksih kepada KKG yang sudah memberikan kesempatan kepada guru-guru kelas dua untuk lebih mendalami tentang jurnalistik. Semoga nanti saya bisa secara aktif dan rutin dapat menulis berita dan mengirimkannya ke website Kankemenag Kulon Progo,” ujar Basrofi.(dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *