Manasik Haji MAN 3 Kulon Progo, Wujudkan Edukasi Nyata

Semarang (MAN 3 KP) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kulon Progo menyelenggarakan Latihan Manasik Haji pada Senin (27/2) di Firdaus Fatimah Zahra Semarang. Kegiatan  manasik tersebut diikuti oleh seluruh kelas XII sebanyak 85 siswa beserta 16 guru pegawai sebagai pendamping dan pembimbing.

Kepala MAN 3 Kulon Progo, Moh. Fadlil Afif, Lc., M.Pd dalam sesi wawancara mengatakan ” Kegiatan manasik haji ini memberikan pembekalan dan pengetahuan tentang ibadah haji yang merupakan rukun Islam yang ke-5. Selain itu, kegiatan latihan manasik haji bertujuan untuk mendorong anak-anak  didiknya  dan memotivasi siswa agar menjadi mukmin yang kuat dalam segala hal. Kuat dalam akidah, ibadah, akhlak, pengetahuan, sosial dan ekonomi. Mengapa ekonomi penting, karena ibadah haji hanya dapat dilakukan oleh mereka yang kuat, diantaranya adalah kuat ekonomi”.

Lebih lanjut Fadlil berharap bahwa hasil latihan manasik haji ini dapat memberikan gambaran nyata dan wujud pembelajaran outing class tentang ibadah haji, meliputi sunah dan wajib haji.

Sementara itu, Moh. hadiyuddin, S.Ag selaku pembimbing ibadah haji menjelaskan bahwa siswa diberikan pemahaman makna dan arti pada semua rangkaian ibadah haji agar siswa memahami betul tentang wajib, sunah dan rukun dalam ibadah haji. Siswa mempraktikkan secara langsung teori yang didapat dalam pembelajaran. (nur/dpj)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *