Tingkatkan Wawasan Pendidikan; MAN 2 Kulon Progo Studi Kampus di Tiga PTN

Kulon Progo (MAN2KP) – Dipimpin kepala madrasah, sebanyak 190 siswa-siswi kelas XII MAN 2 Kulon Progo beserta wali kelas dan sejumlah guru pendamping melakukan studi kampus di tiga perguruan tinggi di Yogyakarta, Selasa (31/1/2023). Ketiga perguruan tinggi tersebut Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, UNY dan UIN Sunan Kalijaga. Mengusung tema ‘Open Your Mind Reach Your Wonderful Future’ kedatangan  mereka disambut sangat baik oleh pihak humas masing-masing perguruan tinggi.

Hartiningsih, M.Pd., kepala MAN 2 Kulon Progo menyatakan bahwa kegiatan studi kampus dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat tim Sukses Studi Lanjut dan Bimbingan Karier bagi siswa-siswi kelas XII tahun ajaran 2022/2023. “Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menambah wawasan dan pengalaman serta mengenal tempat perguruan tinggi negeri yang ada di Yogyakarta. Diharapkan anak-anak menjadi lebih termotivasi dalam belajar dan mempunyai peta konsep yang mantap dalam menentukan program studi pilihan,” harap Aning, sapaan akrab Hartiningsih.

Dalam studi kampus tersebut, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta merupakan perguruan tinggi pertama yang dikunjungi, kemudian UNY dan terakhir UIN Sunan Kalijaga. Selain saling tukar cinderamata, kehumasan di setiap perguruan tinggi juga melakukan presentasi. Setelahnya para siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan sebagai apresiasinya mereka diberikan merchandise menarik berupa totebag, kaos, maupun pena. Di Poltekkes Kemenkes juga dilakukan penandatangan kerja sama untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan.

Nurul Mumainah (XII MIPA3) mengaku bersyukur acara studi kampus  bisa dilaksanakan di angkatannya. “Saya duduk paling depan, sangat senang karena bisa melihat langsung kampus-kampus favorit dan sangat menambah wawasan. Kami juga menjadi lebih paham berbagai macam fakultas dan jurusan yang ada di masing-masing perguruan tinggi. Ini membuka mindset kami untuk menentukan pilihan yang  tepat saat melanjutkan studi nanti,” ungkap Nurul yang sangat terkesan dengan UNY dan merasa semakin mantap ingin melanjutkan studi kesana. (ast/dpj)

https://youtu.be/OoRGCe0metE

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *