MTsN 1 Kulon Progo Sasaran Penyuluhan Bahaya HIV dan Rokok

Kulon Progo (MTsN1KP) – Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kulon Progo menjadi sasaran pelaksanaan penyuluhan bahaya HIV dan skrining merokok dari Puskesmas Wates. Acara dilaksanakan pada Kamis (13/4/2023) bertempat di madrasah dan diikuti oleh seluruh siswa. Penyuluhan disampaikan oleh Retno Pujiyati, Amd.Keb. dari bagian Klinik Teratai. Sementara skrining merokok dilakukan oleh Fitriana Nur Weti, A.Md., Programer PTM (Penyakit Tidak Menular).

Kepala Madrasah, Zainuri, S.Pd. mendukung penuh kegiatan tersebut.
“Kami sangat mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. Apalagi memang anak-anak sangat rentan dengan bahaya rokok bahkan narkoba. Karena mereka sangat bebas bisa mengakses apapun dari sumber manapun. Terima kasih kami sampaikan kepada pihak Puskesmas atas informasi yang disampaikan,” kata Zainuri.

Dalam kesempatan tersebut, Retno menjelaskan tujuan diadakannya penyuluhan. “Kami melakukan sosialisasi ini didasarkan pada fakta yang terjadi di sekitar kita. Bahwa, beberapa pasien HIV di Kabupaten Kulon Progo di antaranya adalah remaja. Hampir tiap kapanewon terdapat beberapa yang sudah terinfeksi. Untuk itu, kami ke sini memaparkan tentang bahaya narkoba, rokok, dan HIV. Jika anak-anak sudah mengetahuinya mereka bisa membentengi diri serta terhindar dari itu semua,” ujar Retno.

Di akhir kegiatan Retno berpesan agar seluruh siswa untuk menjauhi rokok. Rokok merupakan gerbang masuknya narkoba dan narkoba sangat dekat dengan HIV. Jika mempunyai teman yang sudah terpapar virus HIV jangan menghindar atau mengucilkannya. Sebaiknya tetap beri semangat agar bisa bertahan hidup lebih lama lagi. (die/ela/abi).
Tetap sehat dan semangat
#No Korupsi

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *