Kakan Wahib Jamil Beri Motivasi Siswa SMPN 3 Wates

Kulon Progo (Kankemenag) – Dalam hidup seseorang pastilah ada suatu keinginan yang hendah diraih. Untuk mencapai keinginan tersebut tentunya seseorang harus berusaha atau ikhtiar. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat memberikan motivasi belajar kepada siswa kelas 9 di SMPN 3 Wates, Kamis (11/5/2023) pagi.

“Dalam hidup seseorang pasti ada suatu keinginan atau cita-cita. Untuk mencapai keinginan dalam kehidupannya, seseorang harus berusaha atau ikhtiar. Ikhtiar ini bisa diartikan sebagai suatu cara untuk bersungguh-sungguh dan semaksimal mungkin dengan mengerahkan segala kemampuan dan keterampilan guna mencapai keinginan tersebut,” ujarnya.

“Salah satu usaha untuk meraih keinginan/cita-cita tersebut adalah dengan rajin belajar. Karena dengan mendapatkan banyak ilmu seseorang akan lebih terbuka jalannya untuk sukses dalam meraih cita-cita. Barangsiapa yang ingin sukses di dunia maupun akhirat, maka hendaklah ia memiliki ilmunya,” imbuh Kakan.

“Dalam upaya meraih sukses tersebut, tak bisa dipungkiri pasti ada hambatan atau rintangan. Bahkan bisa jadi kita menemukan sebuah kegagalan. Namun ketika keinginan untuk sukses itu tertanam kuat pada diri kita, mestinya kegagalan yang pernah dialami tersebut tidak menjadikannya orang yang berputus asa. Karena sesungguhnya orang yang berputus asa adalah sosok yang kehilangan harapan terhadap rahmat Allah SWT. Islam mengimbau umatnya untuk menjauhi akhlak-akhlak tercela, termasuk sikap putus asa,” terang Jamil.

“Maka setelah menyempurnakan ikhtiar dan tidak berputus asa, tugas kita adalah berdoa memohon pertolongan dari Allah. Kita berserah diri atau bertawakal kepada Allah. Biarlah Allah SWT yang menentukan hasilnya atas apa yang telah kita upayakan,” pungkasnya. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *