MAN 2 Kulon Progo Raih Peringkat 2 Se-DIY dalam Perkasisma III Tahun 2023

Kulon Progo (MAN2KP) – Sepuluh piala kejuaraan diborong para duta MAN 2 Kulon Progo dalam event Perkemahan Siswa Madrasah (Perkasisma) III Tahun 2023. Perkasisma diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY di Bumi Perkemahan Memorial Camp di Sentolo Kulon Progo pada Senin – Rabu, (22 – 24/5/2023) dan diikuti oleh seluruh Madrasah Aliyah se D.I. Yogyakarta baik negeri maupun swasta.

Dari 10 piala yang dibawa pulang duta Perkasisma MAN 2 Kulon Progo tersebut yakni 4 piala Juara 1, 4 piala Juara II, dan 2 piala juara III. Empat perolehan Juara 1 meliputi cabang Lomba Poster Putra, Lomba Poster Putri, Lomba Masak Rimba Putra, dan Lomba Masak Rimba Putri. Empat perolehan Juara 2 yakni pada cabang  Lomba Reels Video Putra, Lomba Mendirikan Bivak Putri, Lomba Pentas Seni, dan Lomba Pioneering Putri. Sedang dua perolehan Juara 3 yakni Lomba Pioneering Putra dan Lomba Pertolongan Pertama. Secara akumulasi kejuaraan, MAN 2 Kulon Progo dinyatakan sebagai Juara II dari seluruh peserta Perkasisma III Tahun 2023.

Atas raihan tersebut, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd. mengungkapkan rasa syukurnya dan memberikan apresiasi kepada para duta MAN 2 Kulon Progo. “Mewakili keluarga besar MAN 2 Kulon Progo, saya merasa bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas prestasi membanggakan ini. Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada para duta MAN 2 Kulon Progo yang telah mempersiapkan diri secara maksimal dan mengikuti segala kegiatan Perkasisma dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Menurutnya prestasi para duta madrasah dalam ajang Perkasima III Tahun 2023 ini sebagai kado terindah untuk Hari Lahir ke-56 MAN 2 Kulon Progo yang dirayakan beberapa minggu yang lalu. Ia pun berpesan agar prestasi ini menjadi cambuk untuk peserta didik lain untuk mengembangkan bakat dan minatnya. “Madrasah selalu berusaha memberikan pelayanan prima kepada para peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui berbagai upaya, termasuk penyelenggaraan ekstrakurikuler Pramuka,” terangnya.

Pada akhir wawancara, Aning (panggilan akrab Hartiningsih), ia berharap nilai-nilai yang diperoleh dalam masa Perkasima semakin dipahami dan dilaksanakan oleh para peserta didik. “Insyaallah, nilai-nilai yang didapatkan dari Perkasisma seperti rasa tanggung jawab, suka menolong, solidaritas, kemandirian, moderasi, toleransi dan jiwa kepimpinan, dan tentu saja keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan yang maha kuasa semakin tertanam dalam jiwa anak-anak,” tutupmya. (sug/ast/dpj)

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *