KUA Wates Targetkan 100 % Caten Ikuti Bimbingan Perkawinan 

Kulon Progo (KUA Wates) – Kantor Urusan Agama Kapanewon Wates kembali mengadakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) bagi para calon pengantin (Catin) / manten baru secara keseluruhan adalah angkatan yang ke-9 pada tahun 2023.

Kegiatan ini yang berlangsung pada Rabu (21/06/23) bertempat di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Wates. Sebagai Fasilitator Izzuddin Saifullah, Yusma Alam Rangga, Sumihadianah, Retno Pujiyati dan Kasriyati. Kegiatan ini merupakan salah satu kebijakan dari pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag), yang bertujuan memberikan bimbingan, petunjuk, dan bekal terbaik bagi para calon pengantin.

Dalam sambutannya, Latif Fuad Nurul Huda menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab KUA Wates untuk membimbing calon pengantin dalam tujuan membangun keluarga yang bahagia serta memahami kualitas kehidupan berkeluarga. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan pengetahuan dan bekal ilmu kepada calon pengantin, sehingga mereka dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman mereka dalam membangun keluarga yang sakinah. Selain itu agar mencapai target 100 % maka setiap calon pengantin/manten baru yang mencatatkan pernikahan di KUA Wates harus mendapatkan layanan Bimwin.

“Kegiatan bimwin yang telah diselenggarakan oleh KUA Wates meliputi 3 macam skema, pertama, bimwin dengan skema kegiatan yang dibiayai oleh anggaran DIPA Kementerian Agama ini telah diselenggarakan sebanyak 4 kali, kedua bimwin mandiri dengan subisidi konsumsi dari kemenag Rp.10.000 per pasang telah diselenggarakan sebanyak 2 kali dan yang ketiga Bimwin mandiri tanpa anggaran DIPA telah diselenggarakan sebanyak 3 kali. Untuk kedua skema bimwin mandiri ini para peserta, panitia maupun fasilitator tidak mendapat honor maupun transport.”, terang Latif.

Adapun paparan materi dari Bimbingan Perkawinan antara lain, Mempersiapkan Keluarga Sakinah, Mengelola Psikologi dan Dinamika Keluarga, Memenuhi Kebutuhan Keluarga, Menjaga Kesehatan Reproduksi Keluarga dan Mempersiapkan Generasi Berkualitas. Ketiga Materi awal diampu oleh Fasiltator yang sudah tersertifikasi Kementerian Agama. Sedangkan 2 materi terakhir diampu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas dan Penyuluh KB Wates.(muk/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *