Selenggarakan Bimwin Angkatan ke-7, KUA Sentolo Targetkan Seluruh Caten dapat Bekal

Sentolo (KUA Sentolo) – KUA Sentolo menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Angkatan ke-7 di tahun 2023 pada Selasa dan Rabu, 06-07/05/2023 di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Sentolo yang diikuti 15 pasang calon pengantin secara klasikal. Selama dua hari pelaksanaan, para calon pengantin difasilitasi belajar bersama oleh para fasilitator Bimbingan Perkawinan yang sudah terstandar.

Pada hari pertama, Suparman, S.Th.I., M.Hum mengawali sesi dengan materi Mempersiapkan Keluarga Sakinah. Para peserta diajak mempelajari dan melakukan simulasi mempersiapkan keluarganya agar sakinah. Misyroh Akhmadi, M.Ag. yang membawakan materi Mengelola Dinamika Perkawinan pada sesi kedua merangsang para peserta untuk berdiskusi kelompok memecahkan persoalan-persoalan keluarga dan menghadapi konflik. Sedangkan Sumihadianah, S.Ag. yang membawakan sesi terakhir di hari pertama dengan materi Memenuhi Kebutuhan Keluarga. Sumihadianah mengenalkan cara mengelola keuangan keluarga dan literasi keuangan.

Pelaksanaan hari kedua melibatkan para narasumber dari instansi lintas sektor yaitu Puskesmas Sentolo I dan Penyuluh KB Kapanewon Sentolo. Narasumber dari Puskesmas Sentolo I Basjiroh Sri Rahayu A.Md.Keb menyampaikan materi Kesehatan Reproduksi Adapun Penyuluh KB Kapanewon Sentolo Sri Mulyani SE menjelaskan mengenai Menciptakan Generasi Berkualitas

Kepala KUA Sentolo, Wildan Isa Anshori menyatakan bahwa KUA Sentolo bertekad menerapkan Bimbingan Perkawinan untuk seluruh calon pengantin. “Kita upayakan 100 % calon pengantin KUA Sentolo mengikuti Bimbingan Perkawinan. Untuk itu kita sudah menyusun skema melalui model Bimbingan Perkawinan baik yang didanai melalui anggaran DIPA maupun secara mandiri tanpa anggaran,” ucap Wildan.

Lebih lanjut,” Dengan melalui progam ini diharapkan adanya bimbingan perkawinan tersebut akan mengurangi tingkat angka perceraian di wilayah DIY khususnya di daerah Kabupaten Kulon Progo”, pungkasnya. (wil/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *