Opera Wayang Orang MIM Kenteng Tampil Eksis di Kirab Merti Padukuhan Kenteng

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Opera wayang orang MIM Kenteng ikut memeriahkan acara Merti Padukuhan Kenteng. Opra tersebut dengan mengangkat cerita perjalanan dan perjuangan Sunan Kalijaga yang diperankan oleh guru dan siswa pada Rabu (19/7/2023).

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I. M.Pd. menyampaikan terkait kegiatan merti padukuhan tersebut. “MIM Kenteng ikut mangayubagyo Merti Padukuhan Kenteng 2023. Tujuan madrasah mengikuti kirab juga sebagai wujud implementasi Madrasah Berbudaya sesuai tagline kami,” jelas Kamad.

Arjuna Team MIM Kenteng, Teguh Cahyana, S.Pd.I. menyampaikan persiapan madrasah. “Waktu persiapan 2 hari sangat dimaksimalkan. Opera ini diaktori oleh kurang lebih 60 orang dengan peran masing-masing seperti sunan, pengikut sunan, keluarga buto, anoman kembar, cakil bersaudara, putra Arjuna, rakyat, properti (ombak, wayang, api), tim music, dan sound system dari SNJ Production,” ujar Teguh.

“Wayang orang ini juga sebagai hiburan, aksi sosial, sarana pelestarian kesenian, serta ajang menyampaikan nilai-nilai kehidupan. Opera ini juga berisi cerita kebanggaan masyarakat desa, dan sumber kekayaan keragaman seni budaya bagi masyarakat,” tambah Teguh.

Lurah Demangrejo, Gunawan juga mengapresiasi keikutsertaan madrasah. “Terima kasih. Atas nama Pemerintah Kalurahan, kami semua ikut terhibur dengan sajian opera wayang orang dari MIM Kenteng. Ceritanya menarik dan dibungkus dalam lakon yang sangat spektakuler,” ungkap Gunawan.

Dawam siswa kelas 4 dengan lakon buto juga menyampaikan rasa senangnya. “saya senang bisa ikut jadi buto bersama teman-teman. Acaranya seru dan pasukan kirab MIM Kenteng juga keren,” ungkap Dawam. (ras/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *