Pembiasaan Pagi yang Dikenalkan Matsama MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN2KP) – Banyak hal yang dikenalkan MAN 2 Kulon Progo pada peserta Matsama. Salah satunya adalah pembiasaan setiap hari bakal menjadi rutinitas di setiap paginya di madrasah dan diharapkan menjadi pembiasaan pagi di kehidupan seterusnya. Lalu apa saja pembiasaan pagi yang dikenalkan? Setiap pagi, dari hari Senin-Jumat, (10-14/7/2023), peserta Matsama mengikuti shalat Dhuha dan nadhom Asmaul Husna di masjid An-Nur Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo.  Sedang siswa putri yang berhalangan diajak di aula untuk berdoa bersama membaca doa dzikir pagi dan Asmaul Husna serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kegiatan ini telah berjalan selama seminggu selama Matsama berlangsung setelah siswa datang dan presensi di kelas. Pembiasaan pagi tersebut dipegang oleh bidang Keagamaan MAN 2 Kulon Progo bersama Madrasah Islamic Youth (MIY) dengan tidak hanya materi yang diberikan, tetapi juga mengimplementasikan serta membiasakan.

“Tujuan pembiasaan pagi ini adalah mengenalkan kebiasaan karakter keagamaan di madrasah setiap hari. Mulai dari awal membiasakan siswa agar selanjutnya bisa berjalan terus seperti itu. “ tutur Dra. Muslimah, M.Pd., salah satu guru agama yang turut mengawal kegiatan ini berlangsung.

Peserta Matsama menunjukkan sikap khidmat dan terlibat aktif dalam menjalani kegiatan pembiasaan pagi ini. Mereka menunjukkan semangat yang tinggi dalam melaksanakan shalat Dhuha serta melantunkan amalan asmaul husna. Kegiatan ini menjadi momen penting dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan sejak siswa pertama kali masuk di MAN 2 Kulon Progo.

“Harapannya kegiatan ini dapat mendisiplinkan siswa untuk bisa datang pagi, tidak terlambat, bisa bagi waktu, serta menanamkan keimanan dan ketakwaan siswa,” imbuh Muslimah. (rid/ast/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *