Siswa Baru MTsN 2 Kulon Progo Sambut Materi Kesehatan Reproduksi dalam Matsama

Kulon Progo (MTsN2KP) – Siswa kelas 7 MTsN 2 Kulon Progo antusias menyambut materi kesehatan reproduksi yang disampaikan oleh tenaga medis dari Puskesmas setempat dalam kegiatan Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah). Hal tersebut disampaikan Panitia Matsama, Supiyati, S.Ag. saat pelatihan berlangsung di madrasah setempat, Kamis (13/7/2023) pagi.

“Dalam upaya untuk memberikan pengetahuan yang komprehensif kepada siswa tentang kesehatan reproduksi, MTsN 2 Kulon Progo bekerja sama dengan Puskesmas setempat mengundang tenaga medis yang ahli di bidang kesehatan reproduksi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar dan akurat mengenai kesehatan reproduksi pada usia remaja,” ungkap Supiyati.

“Matsama merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun di MTsN 2 Kulon Progo sebagai upaya memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan madrasah. Selain itu juga untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi perkembangan mereka. Salah satu aspek penting dari pendidikan yang diberikan adalah kesehatan reproduksi,” tambahnya.

“Dengan pemahaman yang tepat, siswa dapat menjaga kesehatan diri mereka sendiri dan mencegah risiko yang mungkin timbul dalam masa remaja. Tenaga medis dari Puskesmas kemudian memberikan materi yang disesuaikan dengan usia dan pemahaman siswa kelas 7. Mereka menjelaskan tentang anatomi reproduksi, siklus menstruasi pada perempuan, perubahan fisik pada masa pubertas, serta pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan reproduksi,” pungkas Supiyati.

Pemateri dari Puskesmas Temon 1, Akbar Tanjung mengungkapkan kegembiraannya melihat antusiasme siswa dalam menerima materi kesehatan reproduksi. “Saya berharap informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi siswa dalam menjaga kesehatan diri mereka dan membuat keputusan yang bijak dalam kehidupan remaja mereka,” ungkapnya.

“Kegiatan Matsama ini juga merupakan langkah awal dalam membangun kesadaran dan pendidikan seksual yang sehat di kalangan siswa MTsN 2 Kulon Progo. Madrasah berencana untuk melanjutkan program ini dengan kegiatan-kegiatan yang lebih mendalam dan interaktif di masa depan,” tutup Akbar. (ttc/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *