Bekali Calon Pengantin Siap Berumah Tangga, KUA Kokap Gelar Binwin Angkatan IV

Kulon Progo (KUA Kokap) – KUA Kapanewon Kokap selalu berupaya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dan umat, diantaranya dengan mengoptimalkan progam Bimbingan Perkawinan (Binwin) kepada calon pengantin di wilayah setempat.Pelaksanaan Kegiatan Binwin berlangsung pada Rabu (30/08/2023). Acara bertempat di balai nikah KUA Kokap dan merupakan merupakan Progam Binwin Mandiri putaran keempat.

Peserta yang hadir sejumlah 22 peserta atau 11 pasang, dengan tema dan materi yang beragam antara lain;  Mempersiapkan Keluarga sakinah,  Mengelola psikologi dan dinamika keluarga,  Memenuhi kebutuhan keluarga,  menjaga kesehatan reproduksi keluarga, dan mempersiapkan generasi berkualitas.

Adapun sebagai narasumber maupun fasilitator  yang terlibat merupakan fasilitator bersertifikat yang telah mengikuti Bimtek Fasilitator, serta melibatkan para penyuluh KUA Kapanewon Kokap.  Kepala KUA  Kokap Muhammad Sururudin, S.Ag saat ditemui di sela-sela Binwin menjelaskan bahwa ada dua jenis Binwin yaitu Binwin secara mandiri dan Binwin tatap muka, Binwin mandiri dilaksanakan cukup sehari dengan materi yang lebih praktis adapun Binwin Tatap Muka dilaksanakan selama dua hari dengan materi yang lebih komprehensif.

Lebih lanjut Sururudin mengutarakan bahwa “KUA Kokap melaksanakan Binwin melihat dari jumlah dan kesiapan calon pengantinnya, jika mencapai jumlah 15 pasang atau 30 pengantin maka dilaksanakan binwin tatap muka selama 2 hari, Namun jika calon pengantin kurang dari 15 pasang akan dilakukan dengan melakukan bimbingan perkawinan secara mandiri yang dilaksanakan cukup satu hari”, ungkapnya.

Untuk tahun 2023 ini KUA Kokap telah menyelenggarakan bimbingan perkawinan mandiri sejumlah empat angkatan dan binwin tatap muka lima angkatan.Muhamad Sururudin berharap bahwa para calon pengantin setelah mengikuti Binwin akan menjadi lebih siap dalam mengarungi kehidupan untuk berumah tangga.(sur/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *