MAN 2 Kulon Progo Adakan Psikometri; Gali Minat, Bakat, Potensi, dan Gaya Belajar Peserta Didik

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Dalam rangka menggali potensi, bakat, minat, dan gaya belajar para peserta didiknya, MAN 2 Kulon Progo bekerja sama dengan Lembaga Psikologi Bina Asih Yogyakarta menyelenggarakan Tes Psikometri. Peserta tes adalah semua peserta didik kelas X. Tes diselenggarakan di semua ruang kelas X di Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates, Rabu (23/8/2023).

Saat diwawancarai, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., mengungkapkan bahwa tes psikometri ini penting dilaksanakan karena tes ini digunakan untuk menggali potensi, minat, bakat, dan gaya belajar para peserta didik. “Dari tes ini diperoleh data yang sangat bermanfaat dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik. Melalui tes ini, madrasah dapat mengetahui beberapa aspek seperti kemampuan akademik, kepribadian, kecerdasan emosional, juga aspek minat,” terangnya.

Ia melanjutkan bahwa dari tes psikometri guru dapat menentukan pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan gaya belajar masing-masing peserta didik. Dari tes ini juga, madrasah dapat menentukan peserta didik untuk kelas akademik, kelas keterampilan, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan-kegiatan yang lain. “Pendeknya, tes psikometri sangat membantu madrasah dalam memberikan pelayanan prima dalam bidang pendidikan,” tambahnya.

Staf Wakil Kepala bidang Kurikulum, Giarto, S.Si., M.Pd., menyampaikan bahwa pihaknya memerlukan data-data bakat, kecerdasan, kemampuan, minat, bakat, dan gaya belajar para peserta didik untuk perbaikan proses pembelajaran, dan perbaikan pelayanan pendidikan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, MAN 2 Kulon Progo bekerja sama dengan Lembaga Psikologi Bina Asih Yogyakarta yang berkantor di Jalan Balirejo I/33 Yogyakarta. (sug/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *