MIN 2 Kulon Progo Sukses Laksanakan Bias

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo telah melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan  perlindungan bagi anak-anak usia sekolah dasar terhadap penyakit campak dan rubella (MR) untuk kelas satu sebanyak 28 siswa serta Human Papillomavirus (HPV) siswa kelas lima dan enam putri sebanyak 33 siswa, keseluruhan ada 61 anak. Hal itu disampaikan Kepala Madrasah, Hartati, S.Pd.I. di sela-sela kegiatan BIAS  di madrasah setempat, Selasa (29/8/2023) pagi.

Hartati, S.Pd.I sangat senang kegiatan ini berjalan dengan lancar “Alhamdulillah pelaksanaan imunisasi berjalan dengan lancar, meskipun ada satu siswa yang tidak di imunisasi karena alasan dari keluarga. Sedangkan pelaksana tugas dari Puskesmas Wates yakni Eman Sulaiman,  Eni Rohmanawati, Ayusnita, dan drg. Cintia. Imunisasi rutin dilaksanakan pada bulan Agustus untuk kelas satu MR, sedangkan untuk kelas lima putri dosis pertama dan kelas enam putri dosis kedua imunisasi HPV yang berguna untuk pencegahan kanker serviks,” papar Hartati.

“Sebelum pelaksanaan imunisasi, wali murid sudah diberi edaran untuk mengisi blangko kesediaannya imunisasi bagi anaknya. Semoga setelah diimunisasi kekebalan tubuh siswa menjadi meningkat sehingga siswa lebih nyaman untuk belajar,” lanjut Hartati.

Salah satu guru, Teguh Wiyono turut mengungkapkan hal yang sama. “Saya senang kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib. Adapun tujuan diberikan imunisasi Meales (campak) Rubella (MR) untuk melindungi dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, penglihatan, kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella saat kehamilan. Campak penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Sedangkan Rubella merupakan penyakit ringan pada anak, tetapi bila menulari ibu hamil pada tri semester awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi yang di lahirkan,” ungkap Teguh.

“Sedangkan Imunisasi Infeksi Human Papilooma Virus (HPV) yang merupakan penyebab kanker serviks. Yaitu merupakan jenis kanker yang banyak menimbulkan kematian pada wanita. Infeksi yang mudah menular melalui hubungan seksual ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin. Di usia anak-anak ini kekebalan tubuh sangat baik untuk pemberian vaksin HPV. Harapannya semoga siswa memiliki imun yang baik. Sehingga tetap sehat dan dapat belajar dengan baik pula,” pungkas Teguh (dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *