MTsN 1 Kulon Progo Gelar Pemeriksaan Kadar Hemoglobin

Kulon Progo (MTsN1KP) – Sebanyak 68 siswi MTsN 1 Kulon Progo menjadi sasaran pemeriksaan hemoglobin (HB) oleh Puskesmas Wates pada Rabu (6/9/2023) di madrasah setempat. Hemoglobin merupakan protein yang terdapat pada sel darah merah dan berperan mengikat dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Pegawai Puskesmas Wates, Rismawati menyampaikan alasan dan tujuan kegiatan. “Ya, mengapa pemeriksaan HB hanya bagi siswa perempuan? Mereka memiliki potensi yang sangat besar untuk memiliki HB yang rendah, karena tiap perempuan usia subur memiliki siklus menstruasi yang rutin. Hal itu yang menjadi salah satu penyebab pemeriksaan ini,” terang Risma.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, didapatkan beberapa siswa  memiliki HB rendah. Normalnya HB seorang  perempuan 12-15 gram/dl. Jika dibiarkan, takutnya akan berdampak di masa yang akan datang. Kemudian untuk mengatasinya dengan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) secara rutin di samping konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi,” pesan Risma.

Kepala Madrasah, Zainuri, S.Pd. menyambut baik kegiatan tersebut. “Terima kasih atas kegiatan hari ini. Semoga hasilnya bisa dijadikan sebagai dasar bagi anak-anak untuk meningkatkan kesehatan,” kata Zainuri. (ela/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *