KUA Samigaluh Gandeng Kalurahan Purwoharjo Gelar Pelatihan Pengelolaan Manajemen UMKM

Kulon Progo (KUA Samigaluh) – KUA Kapanewon Samigaluh bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Purwoharjo menggelar pelatihan pengelolaan manajemen UMKM yang berlangsung pada Kamis (19/10/2023). Pelatihan ini diikuti oleh 42 pelaku UMKM di wilayah Kalurahan Purwoharjo, Kapanewon setempat.

Perangkat Desa Kalurahan Purwoharjo Setyo Hertanto ,A.Md mewakili Lurah setempat pada sambutan sekaligus membuka pelatihan ini mengatakan, bahwa penting bagi pelaku UMKM mendapatkan tambahan pengetahuan tentang managemen pengelolaan usaha mereka. “Pelatihan ini merupakan upaya Pemerintah Kalurahan Purwoharjo dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM di wilayahnya serta memanfaatkan berbagai kemudahan pengurusan legalitas usaha yang diberikan oleh Pemerintah,” ujarnya.

Sedangkan Kasi Pembangunan Budi Santoso, A.Md yang memprakarsai pelatihan ini menyampaikan pesan ,bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, sikap dan perilaku para pelaku usaha yang akan mengarahkan praktik usaha ke arah positif dan kondusif serta mencapai tujuan berusaha secara cepat dan tepat. “Kami berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya,” harapnya seraya mengakhiri sambutannya.

Pemateri pada pelatihan ini adalah Nurhadi, Pendamping Proses Produk Halal dan Penyuluh Agama Islam KUA Kapanewon Samigaluh yang memberikan penjelasan  tentang manajemen produksi, meliputi branding, strategi membaca peluang pasar,  pemasaran berbasis digital, serta hal mendasar bagi pelaku usaha yakni legalitas usaha.

Sesudah pemaparan materi ,acara yang dihadiri 42 pelaku UMKM dari 14 Padukuhan ini dilanjutkan pelayanan untuk legalitas usaha yang meliputi pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi berbagai jenis unit usaha UMKM dan Sertifikasi Halal Gratis khusus bagi pelaku usaha makanan dan minuman. Tim dari KUA  Samigaluh yang ikut serta dalam pelayanan ini adalah: Nurhadi, Rr. Sri Firmanti, S. Ag; Mujiman, S .Ag dan Siti Tadzkhiroh, S.Pd

Seluruh peserta yang hadir di Balai Kalurahan Purwoharjo mulai sejak pagi hingga berakhir sore hari mengaku senang karena disamping mereka mendapatkan tambahan pengetahuan, mereka juga pulang membawa legalitas usaha yakni Nomor Induk Berusaha (NIB) dan diproses pengajuan sertifikat halalnya secara gratis. (nur/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *