MAN 3 Kulon Progo Laksanakan Sosialisasi SPAB

Kulon Progo (MAN3KP) – MAN 3 Kulon Progo sebagai madrasah berpredikat sekolah siaga bencana senantiasa meningkatkan keterampilannya dalam menghadapi bencana. Salah satunya melalui kegiatan Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Yayasan Plan Indonesia pada Jum’at (27/10/2023) bertempat di Ruang Aula MAN 3 Kulon Progo dan diikuti oleh guru pegawai serta 30 siswa yang merupakan perwakilan masing-masing kelas.

Kepala Madrasah, Syaefulani dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik oleh seluruh guru, pegawai, dan siswa. Nantinya setelah kegiatan ini mampu meneruskan informasi yang didapat kepada keluarga, tetangga, dan masyarakat. “Seperti yang telah diketahui, Indonesia adalah negara rawan bencana seperti gempa bumi, gunung meletus, dan lain-lain. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) ini penting untuk dilaksanakan sebagai upaya kita menghadapi bencana nantinya serta guna meminimalisir dampak bencana yang lebih buruk,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi SPAB ini dihadiri fasilitator dari Yayasan Plan Indonesia, Laksono Nugroho. Menurutnya, kegiatan sosialisasi aman bencana ini sangat penting dilaksanakan di lingkup satuan pendidikan atau sekolah. “Satuan Pendidikan Aman Bencana merupakan sekolah yang menerapkan standar sarana dan prasarana serta budaya yang mampu melindungi warga sekolah dan lingkungan di sekitarnya dari bahaya bencana,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan agenda yang berkelanjutan. Setelah kegiatan sosialisasi ini, MAN 3 Kulon Progo sigap untuk membentuk tim siaga bencana, SOP tanggap bencana, simulasi terhadap SOP yang telah dirancang, serta pembuatan media KIE seperti poster, mading, video interaktif, dan sebagainya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ke depannya MAN 3 Kulon Progo sebagai Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) mampu melindungi warga madrasah, meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan tanggap bencana, serta mampu merencanakan kesinambungan pendidikan, dan mengurangi gangguan terhadap terlaksananya. (fif/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *