Cegah Penyakit Tetanus Difteri Siswa MI Attaqwa GUPPI  Wojowalur Ikuti BIAS

Kulon Progo (MI Attaqwa) – Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di MI Attaqwa GUPPI Wojowalur, Kulon Progo bagi kelas 1, 2, dan 5 dilaksanakan oleh Puskesmas Panjatan II pada Jum’at (10/11/2023).

Setelah imunisasi dasar yang diberikan pada usia bayi kekebalan menurun. Sehingga perlu ditambah memberikan kekebalan jangka panjang bagi bayi yang telah imunisasi dasar lengkap. Untuk itu diperlukan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah. Jenis imunisasi pada BIAS tahap II yang diberikan yaitu Imunisasi DT untuk mencegah penyakit Disteri dan Tetanus diberikan pada siswa kelas 1 (putra dan putri) MI Attaqwa GUPPI Wojowalur. Sementara bagi kelas 2 dan 5 diberikan Imunisasi Td untuk mencegah penyakit Tetanus difteri.

Petugas medis dari Puskesmas Panjatan II Kulon Progo, Bekti Kadarwati, A.Md.Kep. menerangkan bahwa pelaksanaan BIAS pada bulan November 2023 kali ini sebanyak 2 jenis yaitu Imunisasi DT dan Imunisasi Td. “Jenis imunisasi DT untuk kelas 1 saja, sedangkan iminuisasi Td untuk kelas 2 dan 5. Semua berfungsi menjaga kekebalan tubuh dalam jangka panjang dari penyakit tetanus,” paparnya.

Sementara itu Kepala Madrasah, M. Agus Efendi, S.Ag. menyampaikan bahwa imunisasi kali ini selain menjaga kekebalan tubuh, juga sebagai sosialisasi Peraturan Menteri Kesehatan nomor 12 tahun 2017 tentang penyelenggaraan imunisasi program BIAS kepada para siswa. “Semua siswa supaya selalu ingat bahwa setiap tahun ada dua kali BIAS yaitu bulan Agustus dan November. Maka anak-anak selalu siap supaya terjaga kesehatannya,” jelasnya.

Tampak para siswa sudah siap lahir batin dengan pelaksanaan BIAS, tidak takut disuntik. Sebelumnya sudah diberikan motivasi oleh guru kelas 5, Sukiyat, S.Ag., M.Pd. tentang fungsi imunisasi.  “Penyakit tetanus itu bisa mematikan. Sebabnya sangat mudah karena tertusuk paku, atau pisau kater yang berkarat. Maka supaya kebal harus diberi imunisasi tetanus,” katanya. (sky/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *