MandaKu Gelar Motivasi bagi Orang Tua dalam Optimalisasi Potensi Anak

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Dalam rangka memperkuat kolaborasi antara madrasah dengan orang tua/wali siswa kelas X dan mendukung pendampingan serta perkembangan anak, MAN 2 Kulon Progo menggelar motivasi bagi orang tua/wali. Acara berlangsung di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo, usai sosialisasi Program SKS (Satuan Kredit Semester), Rabu (1/11/2023). Motivasi menghadirkan Hassan Abdullah Alkaf, S.H., S.Pd., M.A.P., CI, CET., dengan tema ‘Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Potensi Anak melalui Hipnoterapi’.

Motivasi dihadiri oleh orang tua/wali siswa kelas X, Pembimbing Akademik atau Wali Kelas X, Tim Studi Lanjut, beberapa guru dan pegawai, serta didampingi langsung oleh Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd. Dalam sambutannya, ia menyampaikan betapa pentingnya kolaborasi erat antara MAN 2 Kulon Progo dan orang tua/wali siswa. Ia juga menggarisbawahi peran orang tua sebagai mitra dalam membantu mengarahkan anak-anak menjadi pribadi yang berkualitas.

Pemateri motivasi yang akrab disapa Master Hasan Abdullah ini memiliki slogan ‘Master Hasan Abdullah yang tidak berat sebelah, mengatasi  masalah tanpa makalah, Alhamdulillh’ memberikan wawasan yang sangat berharga kepada yang hadir. Ia mengingatkan bahwa anak adalah amanah dari Allah SWT. Orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan kebahagiaan kepada anak-anak mereka. Anak adalah wujud cinta dan kasih sayang, serta merupakan sumber motivasi bagi orang tua. Master Hassan juga menekankan bahwa anak-anak memberikan permasalahan yang spesifik pada orang tua dalam pengasuhan, kasih sayang, dan keterikatan.

Lebih lanjut, Hassan Abdullah Alkaf menjelaskan bahwa kepribadian anak terbentuk dari berbagai faktor, termasuk nature (potensi bawaan), nurture (pengaruh lingkungan), peluang (opportunity), dan upaya (effort). Kepribadian anak bisa dipengaruhi oleh sifat yang diwarisi dari orang tua, temperamen, kapasitas bawaan seperti bakat, talenta, kemampuan, keterbatasan, kebajikan, dan faktor lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Master Hasan juga membuka kesempatan tanya jawab dan bagi penanya yang beruntung mendapatkan souvenir. Terakhir ia berbagi tips waktu yang tepat untuk menasihati anak. Di antaranya saat anak merasa senang, sebelum tidur, dan saat anak tidur yakni di menit sekitar 25 hingga 30 dibangunkan tetapi tidak untuk bangun dimana dalam posisi ini otak anak dalam alpha teta sehingga kalau diberi informasi maka di alam bawah sadarnya akan menerima dengan baik.

Dengan acara Motivasi Pendampingan Anak ini, MAN 2 Kulon Progo berusaha memperkuat kerjasama antara  dan keluarga dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa. Kolaborasi yang kuat antara  dan orang tua diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan mendukung perkembangan siswa menjadi individu yang sukses dan berdaya saing. (sug/ast/dpj)

1 reply
  1. Imam Muttaqien, STP
    Imam Muttaqien, STP says:

    Alhamdulillah, motivasi salahsatu kunci sukses bersama. Motivasi selalu diasah dan di update…👍👍👍

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *