Bina Religiusitas Siswa, Guru MIM Kenteng Laksanakan Kegiatan Praktik Ibadah

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Pembinaan religiusitas siswa perlu dilaksanakan secara berkelanjutan dan rutin supaya menjadi budaya bagi siswa madrasah. Seperti yang dilaksanakan MIM Kenteng pada Rabu (6/12/2023) di Masjid Kholid bin Walid komplek madrasah setempat.

Kepala Madarah, Rujito, S.Pd.I. M.Pd. memberikan tanggung jawab kepada guru agama terutama dalam  pembinaan. “Pembinaan religiusitas ini dimulai dari pemantauan kegiatan ibadah. Banyak di antaranya yaitu tata cara wudhu, tata cara shalat serta bacaannya, doa sehari-hari, dan lain sebagainya,” tegas Rujito.

Guru MIM Kenteng, Teguh Cahyana, S.Pd.I.  memimpin pembinaan bersama dibantu dengan guru yang lainnya. “Kami mengajak siswa untuk melaksanakan salah satu praktik ibadah secara bersama. Pertama kita ajak shalat dluha dan doa bersama seperti biasanya. Pada sesi kedua anak-anak praktik gerakan shalat dan bacaannya secara detail,” ungkap Teguh.

“Pembenaran bacaan dan gerakan dibantu oleh Rizco Ardian Saputro, M.Pd, Rudiyanto, S.Pd.I. M.Si., Nur Nawangsih, S.Pd.I., dan Minarti, S.Pd.I. Ada beberapa siswa yang perlu dibenarkan supaya mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Dzikir bersama juga dilaksanakan supaya anak-anak lebih terbiasa dan hafal,” tambah Teguh.

Salah satu siswa, Jihan Lista Fatiha ikut aktif dalam praktik ibadah. “Saya dan teman-teman ikut praktik ibadah di masjid. Kami diajari bagaimana bacaan shalat dan gerakan shalat yang benar,” ungkap Jihan. (ras/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *