Jelang Pemilu, Penyuluh Agama Kulon Progo Ajak Masyarakat Cerdas Mengelola Informasi

Kulon Progo (Kankemenag KP) – Perhelatan pemilihan umum (Pemilu) telah memasuki masa kampanye. Hal tersebut berdasarkan pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023. Menurut aturan tersebut, masa kampanye pemilu dimulai sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang. Kampanye harus bisa menjadi platform untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi, hak dan kewajiban sebagai pemilih, serta dampak dari keputusan pemilu, bukan sekedar sarana untuk mencari dukungan dan meraih kemenangan.

Namun sangat  disayangkan, pada masa kampanye ini menurut Penyuluh Agama Islam KUA Wates Muklisin Purnomo,S.Ag tidak sedikit ditemukan praktik kampanye yang telah menyimpang dari aturan yang telah disepakati, sehingga tidak sesuai harapan bersama.

Untuk itu Muklisin mendorong kepada tokoh-tokoh pemuka agama agar untuk bersatu padu, bergandeng tangan melawan praktik kampanye hitam (black campaign) yang marak terjadi di berbagai media sosial seperti di masa kampanya seperti sekarang ini.   Sumbang sih yang bisa mereka lakukan bisa melalui mimbar mimbar jum’at atau majlis taklim.

Sebagai bahan untuk mengedukasi Masyarakat tentang pentingnya  kampanye damai, penyuluh agama Islam KUA Wates ini telah Menyusun naskah khutbah Jum’at dengan tema Menjadi Masyarakat Cerdas  di Masa Kampanye. Berikut naskah Khutbah Jum’at terdiri dari dua edisi (Bahasa Indonesia dan Jawa) dan bisa di unduh melalui Website Resmi Kankemenag Kulon Progo dibawah ini :

menjadi masyarakat yang cerdas di masa kampanye

mujudaken masyarakat ingkang cerdas ing Wekdal kampanye

Harapannya langkah sederhana ini mampu merawat kebangsaan, menciptakan suasana kondusif, dan menciptakan masyarakat yang adem, tenang, dan damai. Masyarakat bisa menjadikan kegiatan kampanye damai ini sebagai sarana pembelajaran dan literasi politik bagi segenap warga masyarakat, sehingga bangsa dan negara yang benar-benar  bisa menjadi contoh terbaik di dalam proses pesta berdemokrasi yang  membahagiakan masyarakat. (muk/dpj)

#penyuluhagamaislambergerak

#kemenagkulonprogoceria

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *