Ketahanan Keluarga, Penyuluh KUA Wates Beri Pengetahuan Peran Ibu dalam Keluarga

Kulon Progo (KUA Wates) –Menjadi seorang ibu adalah kodrat yang diberikan tuhan kepada semua perempuan, namun menjadi ibu tidak ada batasan dalam setiap gerak dan kegiatan. Perempuan adalah jantung dalam setiap rumah tangga, ketika seorang ibu berhenti bekerja maka berhentilah seluruh kehidupan di dalamnya. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Luazizah, S.H.I.,  Penyuluh Agama Islam KUA Kapanewon Wates dalam kegiatan PKK yang berlangsung di Pendopo Kapanewon Wates pada jum’at (22/12/23).

Lebih lanjut Luazizah juga menyampaikan bahwa seorang ibu memiki peran yang sangat penting dalam keluarga. Satu, sebagai “Menteri Pendidikan” bagi anak-anaknya, mendidik dan mengajari tentang keyakinan beragama, adab dan norma, sopan santun, intelektual, dan psikologi sehingga terbentuk kepribadian yang baik dan menjadi anak yang sukses dunia akhiratnya. Dua, Ibu adalah “Menteri Kesehatan” yang harus memperhatikan asupan nutrisi atau gizi setiap anggota keluarga, menyajikan hidangan, hingga merawat anggota keluarga yang sakit. Tiga, Ibu adalah “Menteri Keuangan” yang mengelola pemasukan dan pengeluaran setiap harinya, memastikan semua kebutuhan terpenuhi sesuai prioritasnya, dan mengarahkan untuk mencapai tujuan keluarga. Empat, Ibu adalah seorang “Manajer” yang berperan untuk memastikan setiap tugas dan fungsi dalam keluarga agar berjalan sebagaimana mestinya. Memastikan rumah menjadi tempat paling nyaman bagi keluarga baik dari segi kebersihan maupun suasana di dalamnya.

Kegiatan ini diikuti dan dihadiri oleh 40 peserta diantaranya ketua tim penggerak PKK Feni Ardiani, SE., Asri Pengurus PKK, Dharma Wanita Persatuan, Persit Kapanewon Wates serta seluruh ibu-ibu PPK Kalurahan se Kapanewon Wates.

Selain itu acara diisi dengan pembuatan kompos dengan media ember tumpuk dan Losida (Lodong sisa dapur) oleh PKK Kalurahan Giripeni. (lua/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *