MTsN 6 Kulon Progo Tuan Rumah Pelatihan MYRES

Kulon Progo (MTsN6KP) – Dalam upaya menghadapi dinamika perubahan yang cepat di era digital, K2MTs Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan pelatihan MYRES (Madrasah Young Researchers SuperCamp) untuk meningkatkan keahlian sumber daya manusia. Pelatihan ini diikuti oleh Kepala Madrasah dan guru pembimbing MYRES MTs se-Kulon Progo. Pelatihan ini dilaksanakan di Aula MTsN 6 Kulon Progo pada Selasa (12/12/2023).

Dalam sambutannya, Ketua K2MTs Kabupaten Kulon Progo, Zainuri, S.Pd., M.S.I. menyampaikan bahwa MYRES adalah mandatori Kementerian Agama untuk meningkatkan keahlian sumber daya manusia di era digital. “Pelatihan MYRES ini diharapkan menjadi program prioritas setiap madrasah baik madrasah negeri maupun swasta di Kulon Progo,” ungkap Zainuri.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S.Ag., M.S.I. sebagai tuan rumah pelatihan MYRES mengucapkan selamat datang dan berharap pelatihan ini menambah ilmu dan wawasan baru bagi peserta. “Pelatihan MYRES ini juga bertujuan untuk memperkuat kompetensi individu khususnya peserta didik dalam menghadapi tantangan era digital yang serba cepat dan dinamis. MYRES tidak hanya fokus pada aspek teknis, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai agama, manajemen, keberanian muda, kreativitas, empati, dan sinergi dalam pemahaman peserta terhadap lingkungan kerja,” tutur Faozi.

Narasumber pelatihan MYRES, Ahmad Arif Makruf, M.A., M.Si. yang juga Kepala MAN 4 Sleman menyampaikan bahwa pelatihan MYRES menjadi solusi dan inisiatif untuk menjembatani kesenjangan kompetensi yang mungkin timbul akibat perubahan teknologi dan tuntutan pasar yang terus berkembang. “Kami percaya bahwa dengan memahami prinsip-prinsip MYRES, peserta dapat menjadi peneliti dan pemimpin yang tangguh dan berdaya saing di era digital. Selama pelatihan, peserta diajak untuk terlibat dalam sesi-sesi interaktif, studi kasus, dan simulasi situasi nyata. Materi pelatihan mencakup berbagai topik, mulai tema penelitian, metode penelitian, kepemimpinan, hingga adaptasi terhadap perubahan teknologi,” kata Makruf.

Guru MTsN 6 Kulon Progo, Kurnia Oktaviany, S.Pd.T. mengaku senang dan beruntung bisa mengikuti acara tersebut. “Saya merasa sangat beruntung dapat mengikuti pelatihan MYRES ini. Materi-materi yang diberikan sangat relevan dengan pekerjaan saya. Saya yakin ini akan membantu berkembang dalam karier,” ujarnya. (nhc/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *