Al Hasani Sambut Rombongan Tour de Kerukunan dan Moderasi Beragama Kankemenag

Kulon Progo (MTs Al Hasani) – Setelah mengunjungi berbagai tempat ibadah di Kulon Progo, rombongan Tour de Kerukunan dan Moderasi Beragama Kankemenag Kulon Progo tiba di Pondok Pesantren Al Hasani yang menjadi titik akhir kunjungan. Sambutan hangat diberikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Hasani, Abdul Haris, M.Ag. beserta siswa-siswi MTs Al Hasani, pada Rabu (3/1/2024). Acara tersebut merupakan program inovasi dalam rangka Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama RI.

Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan tujuan kunjungan tersebut. “Tujuan kami adalah merekatkan hubungan antara warga pesantren yang pada kesempatan kali ini mewakili dari seluruh umat Islam untuk senantiasa bersama-sama menjaga kerukunan, kebersamaan, dan juga memberikan kontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara,” papar Jamil.

Pada kesempatan itu pula, Kabinda DIY, Brigjen TNI Rachmat Pudji Susetyo, mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan hangat dari Keluarga Besar Pondok Pesantren Al Hasani. Rachmat berharap Pondok Pesantren Al Hasani dapat semakin berkembang ke depannya dan terus menjadi bagian dalam menebarkan kerukunan beragama. “Tadi kami sudah ke Gereja Bunda Maria Penasehat Baik Paroki Wates, Vihara Giridharma Sokomoyo Girimulyo, dan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Grigak, Giripurwo. Kita bisa melihat bahwa kerukunan beragama sudah berjalan dengan sangat baik di Kulon Progo. Kami sangat berharap dan yakin bahwa Pondok Pesantren Al Hasani adalah bagian dalam menularkan kehidupan beragama yang baik,” ujar Rachmat.

Usai beramah-tamah dengan pengasuh, pengurus, serta para santri, baik tingkat MTs maupun santri huffadz, rombongan dari Kankemenag Kulon Progo melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan berupa sembako ke Pondok Pesantren Al Hasani serta memberikan cendera mata. Sembari beristirahat, Pengasuh Ponpes Al Hasani mengajak rombongan tour untuk berkeliling di area pondok.

Dengan adanya kunjungan ini, Abdul Haris berharap Ponpes Al Hasani dapat terus berkembang ke depannya dan bisa memberikan manfaat bagi umat Islam, warga sekitar, bagi negara, khususnya dalam keberagaman dan moderasi beragama. “Saya sangat bersyukur dan bangga karena terpilih untuk kunjungan kerukunan dan moderasi beragama ini mewakili umat Islam. Insya Allah, santri-santri di sini selalu bertoleransi dan berbuat baik dengan sesama, baik yang beragama Islam maupun bukan. Dengan begitu, kita tinggal di sini lebih nyaman dan tentram dalam menjalankan kegiatan pondok pesantren,” ungkapnya. (sul/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *