Duta Literasi MTsN 4 Kulon Progo Juara 1 Menulis Resensi Skassa Cup II

Kulon Progo (MTsN4KP) – Duta Literasi MTsN 4 Kulon Progo Tahun 2023, Meisila Sih Tinampi Rista Pratiwi berhasil membawa pulang tropi Juara I dari lomba menulis resensi buku yang diadakan oleh SMKN 1 Samigaluh, Kamis (18/1/2024). Lomba resensi tersebut dilaksanakan di ruang perpustakaan SMKN 1 Samigaluh dan diikuti oleh delapan belas siswa dari berbagai SMP/MTs di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Kepala Madrasah, Nurhayanti, S.Pd. M.Sc. menyampaikan apresiasi atas prestasi Duta Literasi 2023. “Selamat kepada Tiwi yang telah meraih prestasi. Terima kasih untuk para peserta Skassa Cup yang telah berjuang. Juga kepada pelatih, fasilitator, dan semua pendamping lomba atas segala perjuangannya,” ujarnya Kamad yang juga menjadi Bunda Literasi 2023.

Sementara itu, pembimbing lomba resensi, Siwi Nurdiani, S.Pd. yang beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai penggerak literasi 2023 juga menyampaikan rasa bahagia. “Tiwi memang berhak menyandang titel Duta Literasi. Terbukti dengan komitmennya menghidupkan semangat literasi dimulai dari dirinya sendiri. Ia juga anak yang sangat cerdas dalam memahami setiap materi bimbingan. Ditambah materi ini juga dipelajari di kelas delapan,” ujar Siwi.

Lomba menulis resensi tersebut dimulai dengan para peserta yang diwajibkan mengunduh aplikasi perpustakaan digital. Dari aplikasi tersebut kemudian para peserta dapat memilih buku yang hendak dibaca dan diresensi. “Kami diberi waktu membaca selama 120 menit dan kemudian menulis resensinya dalam waktu 45 menit serta harus menulis tangan dengan rapi,” tutur Tiwi yang mengaku senang bisa mengikuti lomba tersebut. Ia juga menyampaikan bahwa perpustakaan SMKN 1 Samigaluh sangat menginspirasi dalam hal literasi.

“Semenjak meluangkan waktu ke perpustakaan dan lebih banyak meminjam novel, saya merasa asyik dan tidak lagi terlalu banyak bermain HP. Dengan meresensi novel saya juga bisa lebih mendalami hikmah-hikmah dari buku yang dibaca. Dengan lomba resensi ini saya juga belajar lebih detail mengenai cara menulis resensi yang baik,” ujar Tiwi.

Ia bahkan berharap di sela kesibukannya sebagai pengurus DKP 2023/2024, akan berkiprah lebih luas lagi dalam bidang literasi. (siw/abi).
Tetap sehat dan semangat
#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *