Guru MTsN 6 Kulon Progo Manfaatkan Media Informasi Cetak Untuk KBM

Kulon Progo (MTsN6KP) – Guru Bahasa Indonesia MTsN 6 Kulon Progo menyelenggarakan KBM yang menyenangkan dengan memanfaatkan media informasi cetak. KBM tersebut dilaksanakan pada pada Rabu (10/1/2024)  di Perpustakaan Darul `Ilmi MTsN 6 Kulon Progo. KBM diikuti sesuai jadwal oleh seluruh siswa kelas 7C dan 7D. Para siswa sangat antusias, merasa senang, dan nyaman  belajar di perpustakaan. Bahan pustaka khususnya surat kabar yang tersedia di perpustakaan cukup banyak, sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan materi pembelajaran.

KBM di perpustakaan diselenggarakan dalam rangka upaya meningkatkan literasi informasi siswa. Selain itu,  Perpustakaan Darul `Ilmi sebagai tempat penyediaan bahan-bahan pustaka, sangat membantu siswa dan guru menyelesaikan tugas dalam proses belajar mengajar. Salah satu bahan pustaka yang dimanfaatkan adalah media cetak surat kabar. Siswa memanfaatkan media cetak tersebut untuk menyelesaikan tugas pada materi Menganalisis Teks Berita. Dengan tersedianya surat kabar yang cukup banyak di perpustakaan madrasah, siswa dapat mengetahui informasi tentang berbagai macam peristiwa yang dikemas dalam sebuah berita.

Dalam kesempatan kegiatan belajar mengajar tersebut, Sri Pujiastuti, S.Pd. selaku pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 7 merasa senang. Kepada seluruh siswa menyampaikan betapa pentingnya mengenal berbagai macam media untuk mengakses informasi. “Anak-anak, selain media elektronik, silakan manfaatkan media cetak surat kabar di perpustakaan ini dengan baik untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas materi hari ini,” ujar Puji.

Pada saat yang sama, Puji juga mengajak para siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca informasi. “Ayo, tingkatkan kemampuan membaca informasi kalian dengan media cetak surat kabar atau koran serta media lainnya di perpustakaan ini,” jelas Puji selanjutnya.

Kepala Perpustakaan Madrasah Darul `Ilmi, Dra. Rr. Siti Mahmudati, MA. juga mengaku sangat senang perpustakaan dijadikan sebagai tempat untuk belajar. “Saya sangat senang dengan  anak-anak dan guru yang berkunjung dan belajar di perpustakaan,” ucap Datie.

Lebih lanjut Kapus menyampaikan kesannya. “Semoga merasa nyaman belajarnya, sehingga bisa menyerap materi dengan baik, bisa fokus lagi dalam belajar,” pungkasnya. (puj/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *