Penyuluh Agama KUA Pengasih Bimbing Tahfidz MAN 1 Kulon Progo 

Kulon Progo (KUA Pengasih) – “Suatu kewajiban bagi seorang muslim untuk selalu berinteraksi aktif dengan al-Qur`an, menjadikannya sebagai sumber inspirasi, berpikir dan bertindak”, demikian di sampaikan oleh Penyuluh Agama KUA Pengasih Sugiono, S.Ag, yang dikenal dengan Abah Abdur Rozaq,   pada kegiatan tahfidz MAN 1 Kulon Progo semester 2 dan awal program tahfidz di 2024, Kamis (18/01/2024) siang.

Lebih lanjut Abah Abdur Rozaq menjelaskan tentang keutamaan dzikir di dalam Al Quran hingga mudah menghafalnya seperti tercantum dalam Al Quran surat Al Qomar (54) : 17, artinya “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran.”
“Para ‘Ulama Salafusholeh tidak hanya memberi perhatian terhadap membaca Al-Qur`an lewat mushhaf, bahkan mereka berlomba-lomba dalam menghafalnya, dan Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan kemudahan dalam membaca dan menghafalnya bagi siapa pun yang ingin mengharapkan pahala dan berminat menghafalnya seperti ayat di atas,” ungkapnya.

Kegiatan tahfidz MAN 1 KP ini diikuti oleh 35 siswi, yang di laksanakan dua kali dalam sepekan, senin dan kamis. “Target mereka lulus dari MAN 1 Kulon Progo minimal memiliki hafalan 1-3 juz mulai dari juz 30. Para siswa peserta tahfidz ini ada yang sudah memiliki hafalan sebelum masuk Madrasah dan ada juga yang mulai dari nol, tanpa modal hafalan sebelumnya,” ucap Sugiyono selanjutnya.

“Melalui kegiatan ibadah tahfidz Quran ini di harapkan para siswa dapat menumbuh kembangkan potensinya dalam hafalan dan tumbuh cinta pada Al Quran serta tingkatkan keimanan dan semangat ibadah siswa sehingga kelak menjadi manusia yang berguna bagi agama dan bangsa, sehingga nantinya mereka dapat membangun keluarga yang sholeh dan solehah,” pungkasnya.

Pada kesempatan lain, Kepala KUA Kapanewon Pengasih, Yusma Alam Rangga H. S.H.I, M.S.I, mengatakan rasa syukur dan apresiasi kepada Penyuluh Agama Islam atas dimulainya kembali kegiatan tahfidz Quran di awal tahun 2024 ini.

Menurutnya “Selain aktivitas kolaborasi yang saling menunjang untuk meningkatkan kinerja dan sinergitas  pendampingan antara MAN 1 Kulon Progo dan KUA Pengasih di lingkungan Kankemenag, kegiatan tahfidz siswa MAN 1 KP ini merupakan kegiatan tambahan yang menjadi unggulan, sehingga saya turut bangga dan berbahagia adanya peran serta penyuluh Agama Islam di dalam nya”, pungkas Rangga. (gus/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *