Rakerda LPTQ Kulon Progo, Siap Sukseskan Ajang MTQ

Kulon Progo (Kankemenag) – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kulon Progo adalah merupakan lembaga resmi yang secara khusus tidak hanya mengajarkan dan mengembangkan berbagai cabang ilmu tetang Al Qur’an. Baik dalam seni menulis, memahami isi kandungan, serta seni membaca Al Qur’an, akan tetapi juga bercita-cita mencetak generasi Qur’ani yang berakhlaqul karimah. Selain itu juga selalu melakukan usaha peningkatan kemampuan baca tulis serta peningkatan penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari bagi umat islam khususnya di Kulon Progo. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd. saat memberikan laporan pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ di Balai Kalurahan Cerme, Panjatan, Rabu (24/1/2024) pagi.

“Selain mencetak Qari-Qoriah dan Hafiz-Hafizah, LPTQ selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada masyarakat Kulon Progo khususnya umat Islam. Hal ini untuk membersamai dan meningkatkan kemampuan baca tulis serta meningkatkan penghayatan pengamalan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga terwujud masyarakat yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” terang Kakan.

“Dalam waktu dekat ini, besok di tanggal 27 Januari 2024 akan melaksanakan MTQ Tahun 2024 tingkat Kabupaten Kulon Progo yang akan dilaksanakan di SMKN 1 Panjatan. Dalam hal ini Kapanewon Panjatan sebagai Tuan Rumah. Mari kita persiapkan kafilah di masing-masing kapanewon dengan baik, sehingga nantinya akan menghasilkan para juara yang berkualitas yang nantinya akan menjadi kafilah yang mewakili Kulon progo, ditingkat provinsi ataupun nasional,” imbuhnya.

“MTQ bukan hanya sebatas ajang kompetisi semata, akan tetapi mari kita tanamkan kepada masing-masing kafilah bagaimana menjadi ajang silaturahmi, membina ukhuwah ilamiyah, dan persaudaraan yang kuat. Mari kita persembahkan penampilan yang terbaik, sehingga akan menarik perhatian masyarakat. Pada akhirnya masyarakat akan tertarik untuk belajar ilmu agama, baca tulis Al Qur’an dan penghayatan kandungan isinya,” tambah Jamil.

Rakerda LPTQ 2024 dibuka oleh Asda I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Jazil Ambar Was’an dan dihadiri oleh  Kabag Kesra, Forkompimda, dan pengurus LPTQ oleh seluruh pengurus di wilayah kapanewon.

Pada kesempatan ini Jazil berpesan agar pengurus LPTQ Kulon Progo selalu mengedepankan musyawarah mufakat dan mengedepankan ukuwah Islamiyah dan kegiatan Rakerda LPTQ berjalan dengan lancar. ”Semoga agenda ini menjadi media sarana evaluasi pelaksanaan MTQ tahun 2023 lalu. Kemudian menjadikan pelaksanaan MTQ tahun 2024 menjadi lebih baik. LPTQ adalah lembaga yang berperan penting dalam mencetak kader-kader juara dan syiar Agama Islam di tengah masyarakat Kulon Progo,” papar Jazil.

”Di tahun 2024 ini kita akan mempunyai gawe besar yaitu menjadi tuan rumah MTQ Tingkat DIY. Mari sebagai tuan rumah kita persiapkan kafilah dengan matang dan persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mari kita berikan pelayanan yang maksimal kepada kepada kafilah dengan baik. Karena pengurus LPTQ mempunyai kewajiban secara moral untuk menyukseskan ajang besar tersebut berjalan dengan lancar dan baik,” pungkasnya. (don/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *