Mahasiswa PPL UNSIQ Wonosobo Ikuti Pendampingan Kampung Zakat

Kulon Progo (Kankemenag) – Kanwil Kemenag DIY, Kankemenag Kulon Progo, dan Baznas setempat melakukan monitoring dan pendampingan program kampung zakat. Program kolaborasi Kemenag dengan Baznas ini, salah satunya berjalan di Kalurahan Sendangsari, Pengasih. Acara monitoring dan pendampingan berlangsung Selasa (6/2/2024) pagi.

Program Kampung Zakat tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga diharapkan dapat mengubah mustahik (penerima) hingga menjadi muzakki (pemberi). Turut hadir dalam acara, Ketua Tim 3 Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag DIY, Misbahruddin, S.Ag. M.M., Penyelenggara Zawa Kankemenag Kulon Progo, Haris Widiyanto, S.H., Wakil Ketua 2 Baznas Kulon Progo, Sugiyanto, S.Pd.I. Mahasiswa PPL UNSIQ Wonosobo juga turut hadir menyukseskan agenda monitoring dan pendampingan Kampung Zakat tersebut.

Penyelenggara Zawa Kankemenag Kulon Progo, Haris Widiyanto, S.H. mengapresiasi partisipasi aktif Mahasiswa PPL UNSIQ Wonosobo yang turut aktif menyukseskan agenda monitoring dan pendampingan Kampung Zakat tersebut. “Adanya mahasiswa PPL UNSIQ, membantu kami dalam monitoring kali ini. Hal ini juga dapat menjadi kesempatan belajar bagi mereka. Agar mereka mengenal dan terjun secara langsung kepada masyarakat. Tidak hanya pelayanan yang berada dalam kantor,” ungkap Haris.

“Program ini memang membutuhkan sinergi dari beberapa pihak. Bukan hanya bergerak perorangan. Maka untuk menyukseskannya diperlukan kerjasama antar beberapa pihak. Program yang baik harus dikelola dengan baik pula.  Sehingga hasilnya insya Allah juga akan baik,” imbuhnya.

Salah satu mahasiswa, Bagus Kurnia Wahyudi mengaku mendapat pengalaman dan ilmu baru melalui pendampingan ini. “Ini merupakan pengalaman baru bagi kami. Kami mendapat kesempatan untuk terjun langsung melayani masyarakat. Yang mana juga termasuk dalam tridharma perguruan tinggi. Yaitu pengabdian kepada masyarakat,” tuturnya. (abl/abi).

#TransformasiLayananKemenag
#MakinDigitalMenjangkauUmat
#KementerianSemuaAgama

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *