MGMP Bahasa Inggris MA DIY di MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo menjadi tuan rumah pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Madrasah Aliyah se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara berlangsung di Theater Room Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo yang berlokasi di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates pada Selasa, (27/02/ 2024).

Sebanyak 36 peserta menghadiri acara tersebut, dengan narasumber utama Oknina Utama, S.Pd, seorang guru bahasa Inggris dari SMAN 1 Sentolo. Meskipun Kepala MAN 2 Kulon Progo tidak dapat hadir karena tengah mengikuti Rapat Kerja (Raker) Kantor Kemenag Kulon Progo, Sugiyanta, M.Pd, Staf Wakil Kepala bidang Humas, menyampaikan salam serta permohonan maaf atas ketidakhadirannya. Ia juga menegaskan bahwa madrasah selalu mendukung segala upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu guru, termasuk melalui kegiatan seperti MGMP.

Sugiyanta juga menekankan bahwa MGMP merupakan bagian dari upaya pengembangan profesionalisme guru dalam hal kegiatan mengajar dan kepemimpinan. Menurutnya, forum tersebut juga memberikan kesempatan bagi guru untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik dalam mengajar mata pelajaran tertentu, sehingga dapat membantu memperluas wawasan mereka tentang metode pengajaran yang efektif.

Dalam paparannya, narasumber Oktina Utama membahas penggunaan media sosial dalam pembelajaran. Beliau menyampaikan bahwa media sosial memiliki beberapa keuntungan, antara lain kemudahan akses, interaksi antara guru dan siswa, ketersediaan konten yang beragam, serta memanfaatkan minat siswa dalam teknologi dan media digital untuk meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.

Oktina juga membagikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran, seperti Canva.com, Wondershare Filmora, Capout.com, dan Inshot.com. Para peserta terlihat antusias mengikuti paparan tersebut, dengan memberikan berbagai pertanyaan dan tanggapan terhadap materi yang disampaikan.

Acara MGMP Bahasa Inggris Madrasah Aliyah se-DIY di MAN 2 Kulon Progo berhasil menciptakan lingkungan diskusi yang produktif dan kolaboratif, serta memberikan wawasan baru bagi para guru dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif. (sug/dpj)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *