MTsN 3 Kulon Progo Gelar Pengajian Isra’ Mi’raj

Kulon Progo (MTsN 3 KP) – Dalam rangka meningkatkan ibadah terutama kewajiban shalat MTsN 3 Kulon Progo adakan pengajian peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW sebagai acara rutin tahunan. Kegiatan diikuti oleh guru, tendik, dan siswa-siswi kelas 7,8, dan 9. Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan salat dhuha dan mujahadah yang dipimpin oleh Drs Sukarlan. Sebagai pengisi pengajian akan disampaikan Jazari, S. Ag.,M.Si. kepala KUA Sentolo. Hal tersebut disampaikan Kamad Munji Jakfar, S.Pd.I., M.Pd.I., di mushala madrasah setempat, Selasa (13/2/2024) pagi.

“Peringatan Isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW bagi kaum muslim merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Rosululloh SAW yang telah menunjukkan jalan menuju keridhoan Alloh sesuai Al-quran dan Al hadist”, ungkap Kamad. Kegiatan ini menurutnya sangat penting untuk menambah ketakwaan. “Saya sangat berharap siswa-siswi jangan pernah meninggalkan sholat,” tambah Jakfar.

Selanjutnya Jazari S.Ag., M.S.I. , menceritakan bahwa pada malam 27 Rajab Nabi Muhammad SAW diangkat oleh Alloh SWT untuk Isra’ Mi’raj perjalanan dari bumi naik kelangit ketujuh untuk mendapatkan perintah ibadah lima waktu bagi pemeluk agama Islam. Nabi Muhammad melakukan perjalanan hingga sidratul muntaha untuk berjumpa langsung dengan Alloh SWT. Isra’ adalah perjalanan malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad diangkat ke langit hingga Sidratul Muntaha.”Sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk memperingati, mengagungkan, mengenal peristiwa isra mi’raj yang sangat bersejarah dalam peradapan kehidupan manusia”, ujarnya.

Masruri, S.Pd.selaku koordinator keagamaan mengatakan bahwa peristiwa Isra Mi’raj adalah peristiwa spiritual yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai sosok yang paling sempurna yang kita jadikan suri tauladan dalam kehidupan ini. “Peristiwa Isra’ Mi’raj ini sebagai pengingat betapa pentingnya menjalankan sholat lima waktu,” ungkap Masruri.

“Diharapkan siswa dapat mengambil hikmah dan nilai luhur yang dapat membekas dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari ” tandasnya. (kst/ami/don)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *