Pengajian Kaum Rois, Penghulu KUA Pengasih Jelaskan Fase Hidup Manusia

Kulon Progo (KUA Pengasih) – Siklus kehidupan manusia itu terdiri dari 5 yaitu menikah, mengandung, melahirkan, mengabdi dan meninggal (5M) penghulu KUA Pengasih Drs H Sumanggiyo Usadi M.A menyampaikan hal tersebut dalam pengajian kaum rois Kalurahan Sidomulyo yang bertempat di kediaman Tupar rois padukuhan Karangasem, Pengasih Ahad (11/2/2024) pagi.

“Fase kehidupan manusia itu bisa dibagi menjadi 5 macam yaitu menikah, mengandung, melahirkan, mengabdi dan meninggal (5M). Menikah adalah syariat yang dijalani bagi yang telah memenuhi syarat, setelah menikah fase selanjutnya adalah mengandung yang merupakan proses adanya generasi baru sehingga perlu ikhtiar dengan doa-doa. setelah melahirkan ada tuntunan ibadah aqiqah, kemudian fase mengabdi pada Allah dengan berbagai amal ibadah. dan fase paling akhir adalah meninggal dunia kembali pada Allah, bagi orang yang beriman diberikan keluasan kubur,” ungkapnya.

Selanjutnya Sumanggiyo menjelaskan tentang peran penting kaum rois yang senantiasa ditunggu dan dinantikan oleh masyarakat dalam berbagai keperluan terutama bidang sosial keagamaan. Adapun yang terkait dengan tugas sebagai penghulu bahwa kaum rois sering menjalankan tugas pendampingan kepada calon pengantin sehingga diharapkan dapat bekerja sama dengan penghulu selaku petugas dari pemerintah yang mengurusi pernikahan.

“Mari kita jalankan tugas masing-masing dan sebelum dipanggil oleh Allah kita senantiasa mengabdi kepadaNya semampu kita dan perlu bersama saudara sesama muslim dalam tugas pengabdian tersebut,” pesan dan harapnya. (sun/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *