Pengajian Rutin Tanjungharjo, Kakan Wahib Jamil Sampaikan Hikmah Isra’ Mi’raj

Kulon Progo (Kankemenag) – Bulan Rajab adalah waktu yang tepat untuk menanam kebaikan. Kemudian kebaikan itu akan dipanen di bulan Ramadhan nantinya. Dalam bulan Rajab ada sebuah peristiwa penting yang dialami oleh Rasulullah Muhammad SAW, yakni Isra’ Mi’raj. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu dalam Pengajian di Balai Kalurahan Tanjungharjo, Nanggulan, Jum’at (9/2/2024) malam.

“Dari peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW tersebut, ada beberapa hikmah yang dapat kita ambil pelajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang pertama bahwa Nabi Isra’Mi’raj saat berada di tahun kesedihan (duka cita). Hal ini karena baru saja ditinggal wafat oleh Sang Paman, Abu Thalib dan isteri tercinta Siti Khadijah. Ini memberi pelajari kepada kita bahwa setiap manusia hidup itu tidak pernah lepas dari ujian dan masalah. Kuncinya, kita harus menerima dengan ikhlas dan ridha, pasti ada jalan keluarnya, serta ambil hikmah di balik masalah tersebut,” ujarnya.

Kemudian yang kedua, sebelum Isra’ Mi’raj, Nabi Muhammad SAW dibelah dadanya. Kemudian dibersihkan hantinya dan diisi dengan hikmah. “Jadi kita harus selalu membersihkan hati dari sifat-sifat yang tidak baik. Hal ini harus kita biasakan dengan berbuat baik, menyesal jika berbuat salah, serta rajin beristighfar, memohon ampunan kepada Allah SWT,” imbuh Kakan.

“Yang ketuga, bahwa dalam perjalanan Mi’raj Nabi Muhammad SAW ditunjukkan beberapa tanda kekuasaan Allah SWT sebagai teladan dalam kehidupan manusia. Paling banyak terkait dengan kehati-hatian dengan harta. Harta harus dicari dengan jalan yang baik, dan dibelanjakan secara baik juga. Sedang yang keempat, bahwa dari Isra’ Mi’raj tersebut Rasulullah mendapat perintah shalat. Mkaa jagalah shalat agar kita selalu mendapat pertolongan Allah SWT,” pungkas Jamil. (abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *