PMI DIY Berikan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada MAN 3 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN3KP) – PMI DIY memberikan pelatihan pertolongan pertama, Senin (26/2/2024) pagi. Pelatihan diselenggarakan di Gedung Baru MAN 3 Kulon Progo dan diikuti sebanyak 30 peserta yang terdiri dari perwakilan guru dan siswa MAN 3 Kulon Progo.

Kegiatan pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana) dari Plan Indonesia yang bekerja sama dengan PMI DIY. Adapun tujuan dari kegiatan ini guna memberikan keterampilan pertolongan dan penanganan awal pada kecelakaan. Seperti penilaian awal korban, pemindahan korban, langkah awal mengatasi pendarahan, cedera jaringan lunak, memar, pingsan dan yang lainnya.

Isdiyanto selaku narasumber dari PMI DIY menyampaikan bahwa “Didalam pelatihan ini, peserta tidak hanya akan diberikan materi, namun juga berkesempatan untuk latihan praktik secara langsung materi yang diberikan oleh instruktur. Hal tersebut tentunya agar peserta mampu memahami materi yang diberikan secara lebih mendalam, bukan bayangan semata” ujarnya.

Oleh karena itu, di sesi pertama peserta menerima pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber. Selanjutnya, di sesi kedua peserta di arahkan untuk praktik simulasi penanganan kecelakaan.

Waka sarpras, Tri Handayani, M.Pd. ditemui dalam kesempatan yang sama menambahkan “Melalui pelatihan ini, kami berharap baik guru maupun siswa mampu melakukan tindakan pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan atau kondisi darurat lainnya. Oleh karena itu, tentunya baik guru maupun siswa harus memiliki pengetahuan sebagai pedoman penanganan kecelakaan serta penggunaan alat-alat pertolongan dalam pertolongan pertama”, imbuhnya. (fif/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *