Siswa MIM Kenteng Ikuti Simulasi ASPD Mandiri Bersama UMY

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Simulasi ujian ASPD kelas VI MIM Kenteng dilaksanakan sebagai upaya persiapan awal hadapi ujian. Simulasi ujian mandiri ini dilaksanakan berbasis paper bersama dengan mahasiswa UMY pada Sabtu (3/2/2024) di lingkungan madrasah.

“Simulasi ujian ASPD berbasis paper ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pada bulan Februari. Program ini sudah dilaksanakan setiap angkatan kelas VI, di setiap tahunnya. Simulasi ujian mandiri ini bekerjasama dengan mahasiswa dari kampus yang ada di DIY,” Jelas Kamad MIM Kenteng, Rujito, S.Pd.I.,M.Pd di ruang kerjanya.

Rizco Ardian Saputro, M.Pd guru kelas VI MIM Kenteng menjelaskan bahwa simulasi ini sangat penting dilakukan untuk melatih kesiapan siswa menghadapi ujian ASPD. “Kami sebagai wali kelas VI bertanggung jawab untuk kesuksesan anak-anak dalam pelaksanaan simulasi maupun ujian utama. Kerjasama simulasi ASPD mandiri ini dilaksanakan sebanyak 4 kali. Adapun kegiatannya melibatkan mahasiswa dari UMY, UNY, UAD dan UPY,” ujar Rizco.

“Latihan ASPD tetap mengacu pada materi literasi membaca 40 soal, literasi numerik 30 soal dan literasi sains 35 soal. Pengawas mandiri selama ujian adalah 2 orang mahasiswa. Ruang ujian terbagi menjadi 2 ruang yaitu ruang kelas VI dan ruang kelas II. Siswa kelas VI sebanyak 20 siswa terbagi menjadi 2 ruang. Simulasi dimulai pukul 08.00 WIB dan diakhiri pada pukul 10.00 WIB ” tambah Rizco.

Nanda Esaputra, ketua kelas VI bersemangat dalam mengikuti simulasi ASPD.“ Alhamdulillah saya dan teman-teman bisa mengikuti simulasi ASPD mandiri ini dengan lancar. Ini adalah simulasi perdana kita, semoga bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkap Nanda. (ras/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *