Ramadan 1445 Hijriah, MAN 3 Kulon Progo Siap Terjunkan ‘Mubaligh Hijrah’

Kulon Progo (MAN 3 KP) – Bulan Ramadan 1445 Hijriah segera datang. Segala persiapan dilakukan untuk menyambut dan mengisinya, pun demikian juga dilakukan anggota OSIS MAN 3 Kulon Progo. Mereka akan terlibat dalam kegiatan ‘Mubaligh Hijrah’ dibawah koordinasi Bidang Keagamaan.

“Lewat kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan serta menambah pengalaman siswa dalam mendidik dan mengajar anak-anak di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) di wilayah Kapanewon Kalibawang,” jelas Koordinator Bidang Keagamaan MAN 3 Kulon Progo, Drs Parwanto MA, Ahad (10/03/2024).

Ia mengungkapkan, ada empat hal utama tujuan Mubaligh Hijrah yaitu mengenalkan lebih dekat MAN 3 Kulon Progo di masyarakat, memenuhi kebutuhan guru mengaji TPA/ TPQ di bulan Ramadan, mengembangkan potensi dan bakat siswa, juga membentuk siswa yang saleh dan salihah. Mereka akan bertugas antara tanggal 12-28 Maret 2024, diantaranya di Masjid Al Muttaqien Demangan dan Masjid Al Hikmah Salak Malang Banjarharjo, serta Masjid Al Mujahidin Beji dan Al Hikmah Dlingseng Banjaroyo.

Kepala MAN 3 Kulon Progo, Syaefulani S.Ag., M.Pd menjelaskan, sebagai bentuk pengembangan potensi dan bakat para siswa diharapkan mampu memanfaatkan teknologi dan beberapa keterampilan lain.

“Mereka yang terlibat dalam kegiatan Mubaligh Hijrah ini nanti diantaranya menggunakan Metode Bermain-Cerita-Menyanyi (BCM), keterampilan berbicara, juga kreativitas lain yang dimiliki para siswa sehingga nantinya menarik bagi anak-anak yang didampingi,” jelas Syaefulani.

Sebelumnya, pada Jumat (08/03/2024) siswa peserta Mubaligh Hijrah mendapatkan pembinaan dari Koordinator Keagamaan, para guru pengampu pelajaran agama, dan Kepala Madrasah. Mereka mendapatkan bekal diantaranya tentang materi yang harus disampaikan di depan anak-anak serta terkait sopan santun di masyarakat. (fjr/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *