Kenalkan Adat Sungkeman Pada Siswa MTsN 5 Kulon Progo, Tri Setyo Ajarkan Matur Halal Bihalal Syawalan 

Kulon Progo (MTsN 5 KP) – Salah satu budaya masyarakat Jawa ketika lebaran adalah sungkem dan matur halal bihalal syawalan oleh masyarakat yang lebih muda kepada yang lebih tua atau dituakan. Untuk itu guru Seni Budaya MTsN 5 Kulon Progo, Tri Setyo, S.Pd. memberikan arahan tentang matur halal bihalal syawalan dalam kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan di Masjid Jabal Thoriq madrasah setempat, Selasa (02/04/2024) pagi.

“Masyarakat Jawa sangat kental dengan budaya dan kebersamaannya, termasuk ketika lebaran. Tidak jarang lebih banyak lebaran dirayakan di kampung halaman. Salah satu budaya masyarakat Jawa ketika lebaran adalah sungkem dan matur halal bihalal syawalan oleh masyarakat yang lebih muda kepada yang lebih tua atau dituakan. Maka dari itu, hari ini saya akan memberikan materi tentang bagaimana ucapan dan tata cara matur halal bihalal syawalan,” jelasnya.

Kegiatan berlangsung lancar dan khidmat. Terlihat dari peserta pesantren kilat yang terdiri dari kelas 7 hingga kelas 9 secara serius mendengarkan materi. Bahkan, beberapa terlihat asyik mencatat materi agar tidak melupakan ilmu yang diperoleh. Nantinya ilmu yang didapat bisa diterapkan ketika momen lebaran yang sebentar lagi akan tiba. (mjp/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *