Penghujung Ramadhan 1445 H, MAN 3 Kulon Progo Gelar Khotmil Qur’an dan Pengajian

Kulon Progo (MAN3KP) – Pada Jum’at (05/04/2024), MAN 3 Kulon Progo menggelar khotmil qur’an dan pengajian peringatan Nuzulul Qur’an. Kegiatan acara dilaksanakan di Aula MAN 3 Kulon Progo dan diikuti oleh seluruh siswa, guru dan pegawai MAN 3 Kulon Progo.

Kegiatan diawali dengan menunaikan sholat Dhuha berjamaah di Masjid Sultan Agung madrasah setempat. Kemudian, dilanjutkan dengan Khotmil Qur’an yang diikuti oleh seluruh siswa, guru dan pegawai melalui teknis satu orang satu juz yakni 30 juz Al-Qur’an melalui pembagian yang sudah disepakati sebelumnya.

Syaefulani, S.Ag., M.Pd. selaku kepala madrasah dalam sambutannya memaparkan “Seseorang yang berpuasa mendatangan banyak kebahagiaan. Al-Qur’an merupakan pedoman seluruh umat muslim, sehingga kita perlu memahami apa yang terkandung didalam Al-Qur’an, bukan sebatas hanya membacanya. Di penghujung bulan Ramadhan ini mari kita bersama-sama merefleksi diri kita apakah kita sudah ikut membumikan Al-Qur’an karena telah menjadi kewajiban kita umat muslim untuk berusaha menjadi ahli Qur’an. Oleh sebab itu, melalui kegiatan khotmil qur’an dan pengajian ini semoga menjadi salah satu upaya kita membumikan Al-Qur’an,” ungkapnya.

Nabila Sekar Nurani, selaku ketua OSIS dalam sambutannya menambahkan. “Terimakasih kepada bapak ibu guru, pegawai serta teman-teman semua yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan derajat ketakwaan kita didunia dan diakhirat” imbuhnya.

Setelah kegiatan Khotmil Qur’an acara selanjutnya adalah pengajian dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an. Pengajian ini disampaikan oleh Ustadz Ibnu Khafid, Kepala KUA Kapanewon Kalibawang. Dalam kajiannya ia menyampaikan bahwa terdapat berbagai amalan-amalan yang diwajibkan didalam bulan Ramadhan dan keutamaan-keutamaannya.

“Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia dan bulan yang penuh berkah. Oleh karenanya, marilah kita bersama-sama berlomba-lomba untuk meraih pahala dan Rahmat dari Allah SWT. Melalui berbagai amalan wajib dan sunah marilah kita istiqomah berupaya memperbaiki diri kita, menjadi insan yang mulia dan beriman. Agar nantinya, bulan Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang terbaik dari yang sebelumnya”, jelas Ustadz Ibu Khafid.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama agar selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan tahun ini kita senantiasa diberikan kekuatan lahir dan batin. (fif/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *