Bimtek Jurnalistik, Kakan Wahib Jamil: Informasi dan Edukasi

Kulon Progo (Kankemenag) – Penyampaian informasi (publikasi) ke masyarakat menjadi wujud pertanggungjawabkan instansi. Hal itu juga sebagai bentuk keterbukaan informasi publik. Karenanya informasi harus mampu memberikan edukasi kepada publik. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pada Pembukaan Bimtek Jurnalistik dan Pengelolaan Media Sosial yang berlangsung di Aula PLHUT kantor setempat, Selasa (14/5/2024)  pagi.

“Informasi atau publikasi merupakan bentuk pertanggungjawaban instansi kepada masyarakat. Ini juga sebagai bentuk keterbukaan informasi publik. Sehingga informasi harus mampu memberikan edukasi kepada publik,” ujarnya.

“Kita harus merasa memiliki dan menyadari akan pentingnya media informasi. Sehingga publikasi yang kita lakukan harus dibuat semenarik mungkin. Selain itu bahan publikasi juga harus dikaji terlebih dahulu dan selalu memperhatikan etika dalam bermedia,” imbuh Kakan.

“Pengelolaan media publikasi ini sekaligus untuk memperkuat fungsi kita sebagai ASN. Yang fungsinya antara lain sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa. Sehingga media publikasi harus benar-benar dikelola dengan baik untuk mendukung kinerja bagi instansi masing-masing,” pungkas Jamil.

Sementara Kasubbag TU, H. Saeful Hadi S.Ag. M.Pd.I. mengungkapkan bahwa Bimtek Jurnalistik dan Pengelolaan Media Sosial ini diikuti oleh 38 peserta perwakilan dari masing-masing unit kerja di lingkungan Kankemenag Kulon Progo, KUA, dan Madrasah. Bimtek ini mengahdirkan Narasumber Dr. Rama Kertamukti, M.Sn. dari UIN Sunan kalijaga Yogyakarta dengan materi Optimalisasi Branding Instansi Melalui Media Sosial. Selain itu juga hadir Ikrob Didik Irawan, S.T. dari Tribun Jogja yang memberikan materi tentang Strategi Penulisan Berita yang Efektif dan Menarik. (abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *