Bimbingan Perkawinan Mandiri Non DIPA KUA Wates: Bangun Keluarga Sakinah Berkualitas

Kulon Progo (KUA Wates) – Sebanyak 16 pasang calon pengantin (Catin) dan pengantin baru mengikuti kegiatan bimbingan perkawinan yang berlangsung di Balai Nikah KUA Wates pada hari Rabu (8/5/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk membekali bagi calon pengantin dengan pengetahuan dan keterampilan dalam upaya membangun keluarga yang sakinah, memenuhi kebutuhan keluarga, dan mempersiapkan generasi berkualitas.

Bimbingan pernikahan ini menghadirkan fasilitator berpengalaman yang membahas berbagai topik penting terkait pernikahan, di antaranya: Mempersiapkan Keluarga Sakinah dan Mengelola Psikologi serta Dinamika Keluarga: Mukhlisin Purnomo, S.Th.I., M.Pd,I., menyampaikan materi tentang mempersiapkan keluarga yang berlandaskan agama, saling menghormati, dan saling pengertian, serta strategi mengelola psikologi dan dinamika keluarga untuk menciptakan interaksi yang harmonis. Memenuhi Kebutuhan Keluarga: Muhammad Roif, S.Ag., M.S.I., membahas tentang pentingnya memenuhi kebutuhan materi, emosional, dan spiritual keluarga, serta strategi untuk mencapainya. Menyiapkan Generasi Berkualitas dan Menjaga Kesehatan Reproduksi: Tenaga kesehatan dari Puskesmas Esthini, M. Keb., memberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi, gizi keluarga, pola asuh anak, dan pentingnya stimulasi sejak dini untuk mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas.

Para peserta mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan antusias. Banyak yang mengajukan pertanyaan kepada fasilitator untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Salah satu peserta, Koko Subekti, mengungkapkan rasa senangnya mengikuti bimbingan pernikahan ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya dan istri. Kami mendapat banyak ilmu tentang bagaimana membangun keluarga yang sakinah, memenuhi kebutuhan keluarga, dan mempersiapkan anak-anak untuk menjadi generasi yang berkualitas,” tuturnya.

Selanjutnya Kepala KUA Wates, Marjuki, S.H.I., M.S.I., menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan perkawinan ini merupakan komitmen KUA Wates untuk membantu masyarakat dalam membangun keluarga yang berkualitas. “Kami berharap dengan mengikuti rangkaian kegiatan bimbingan perkawinan tersebut, para Calon pengantin dan pengantin baru dapat membangun keluarga yang bahagia, sejahtera, dan mampu melahirkan generasi penerus yang unggul,” ujarnya.

Bimbingan perkawinan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan KUA Wates untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang ideal. KUA Wates akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanannya dan bersinergi dengan berbagai pihak terkait untuk mencapai tujuan tersebut. (lua/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *