Pelepasan Jamaah Haji Kapanewon Galur : Tiga Panggilan Allah SWT 

Kulon Progo (KUA Galur) – Pelaksanaan Kegiatan Pengajian Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, POLRI, Lurah, Pamong dan BPKal Se-Kapanewon Galur, sekaligus acara pelepasan Jamaah Haji Tahun 2024, bertempat di Kalurahan Kranggan pada hari Selasa, (14/05/2024) berlangsung dengan khidmat dan tertib.

Acara ini dihadiri oleh Panewu, Forkompimkap, Jamaah Haji Kapanewon Galur 2024, serta para tamu undangan lainnya. Lurah Kranggan, Sukrianta, menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh hadirin.

Drs. Kamisa, mewakili 50 Jamaah Haji Kapanewon Galur 2024, menyampaikan permohonan pamit dan doa kepada para hadirin. Beliau memohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan yang mungkin pernah dilakukan, serta memohon doa dari para hadirin agar ibadah haji mereka berjalan lancar dan mabrur.

Panewu Galur dalam sambutannya, memberikan jawaban atas permohonan pamit jamaah haji, dan mendoakan kelancaran dan keselamatan mereka selama di tanah suci, hingga kembali ke tanah air. Serta memintakan doa untuk Warga Galur agar senantiasa dalam keadaan sehat selamat sejahtera.

Acara inti diisi dengan pengajian yang disampaikan oleh KH. Jazari, S.Ag., dengan tema “Tiga Panggilan Allah dalam Hidup Manusia”.

Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan bahwa Allah SWT hanya memanggil hamba-Nya tiga kali sepanjang hidup mereka. Pertama, panggilan untuk melaksanakan sholat lima waktu. Panggilan ini merupakan panggilan dasar bagi umat Islam untuk menunjukkan ketaatan dan menjalin komunikasi dengan Sang Pencipta.

Kedua, panggilan untuk menunaikan ibadah haji atau umroh. Ini adalah panggilan istimewa yang dinanti-nantikan oleh umat Islam. Ibadah ini membutuhkan persiapan matang, baik secara fisik, mental, maupun finansial, karena waktunya yang terbatas dan perjalanannya yang jauh.

Ketiga, panggilan kematian. Ini adalah panggilan yang pasti akan datang kepada setiap manusia. Pada saat ini, manusia akan dihadapkan pada amal perbuatannya selama hidup.

Pengajian berlangsung khidmat dan penuh makna. Di akhir acara, dilakukan foto bersama antara Jamaah Haji, Panewu Galur, dan jajaran Forkompimkap. (azz/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *