Puncak Tema Kewirausahaan P5, MTsN 1 Kulon Progo Gelar Market Day

Kulon Progo (MTsN1KP) – Rabu (08/05/2024) peserta didik kelas VII MTsN 1 KP mengadakan kegiatan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan berbentuk market day.

“Hari ini merupakan puncak rangkaian tema kewirausahaan dalam P5 yang ketiga bagi peserta didik semester 2/kelas VII MTsN1KP. Melalui kegiatan ini, diharapkan terbentuk jiwa enterpreneur sejak dini dalam diri mereka,” kata Septy Andari Putri, M.Pd. di sela-sela membuka acara, yang berlangsung di hall madrasah.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah sebuah kegiatan kokurikuler yang berfokus pada pendekatan projek untuk memperkuat upaya dalam mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

“Market day ini merupakan puncak dari pertemuan-pertemuan P5 sebelumnya yaitu anak-anak telah diberi pengetahuan tentang kewirausahaan, berdiskusi merencanakan usaha, dan mewujudkannya dengan praktik pada hari ini,” tutur Septy.

Dalam kegiatan market day kali ini ada 15 kelompok/warung yang siap menjual dagangannya. Setiap kelompok terdiri atas 10 hingga 11 anak dengan satu fasilitator yaitu bapak ibu guru yang telah diberi tugas sebagai pembimbing mereka setiap hari.

“Mereka mengemas dengan sangat kreatif, ada bagian produksi yang membuat barang dagangan, ada bagian marketing yang membuat brosur dan label barang sebagai sarana informasi dan penawaran produk, ada bagian kasir, ada bagian mempersiapkan sarana/alat dalam warung, dan lain sebagainya,” imbuh Septy.

Berbagai produk makanan dan minuman mereka buat dengan mengambil tema makanan dan minuman tradisional seperti klepon, cemplon, dan pisjo. Market day ini dilaksanakan di hall madrasah yang sasaran pembeli utamanya adalah kakak kelas, yaitu kelas VIII dan IX. Kegiatan ini berlangsung meriah dan sukses.

“Alhamdulillah kegiatan gelar karya ini dapat berjalan lancar dan sukses. Sebagai buktinya hanya dalam waktu 10 menit dagangan mereka sudah laku terjual semua,” tutup Septy. (est/don)

6 replies
  1. Septy
    Septy says:

    Alhamdulillah.. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan memberi kesan mendalam dalam diri anak-anak kita.. Maju terus Madtsanesa 😍

    Balas
  2. Septy
    Septy says:

    Alhamdulillah.. semoga kegiatan ini dpt membekas dan meninggalkan kesan mendalam bagi anak-anak kita… Terus maju madrasahku 🌹

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *