H.Abd. Su’ud dalam Rapat Kerja MAN 2 Kulon Progo: Pentingkan Branding Madrasah
Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo mengadakan Rapat Kerja (Raker) bertemakan “Sinergi Menuju Madrasah Maju Bermutu Berkualitas Dunia” pada Kamis, (06/06/2024). Rapat ini dihadiri oleh 86 guru dan pegawai MAN 2 Kulon Progo dengan menghadirkan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Dikmad) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta, H. Abd Suud, S.Ag, M.SI, sebagai narasumber.
Acara yang berlangsung di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan Panjatan-Wates ini, bertujuan untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar seluruh pemangku kepentingan madrasah dalam mewujudkan madrasah yang maju, bermutu, dan berkualitas dunia.
Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., menyampaikan bahwa Raker ini merupakan momentum penting untuk mengevaluasi capaian program madrasah tahun lalu dan menyusun program kerja untuk tahun depan.
“Raker ini juga menjadi wadah untuk memperkuat komitmen kita bersama dalam mewujudkan visi dan misi MAN 2 Kulon Progo,” ujar Hartiningsih.
Abd Suud dalam paparannya menyampaikan materi tentang pentingnya branding madrasah. Menurutnya, branding madrasah merupakan strategi penting untuk meningkatkan citra dan daya saing madrasah di era globalisasi.
“Branding madrasah bukan hanya tentang logo dan slogan, tetapi juga tentang bagaimana kita membangun persepsi positif masyarakat terhadap madrasah,” jelas Abd Suud.
Ia menambahkan bahwa branding madrasah harus dilakukan secara konsisten dan terintegrasi dalam semua aspek kegiatan madrasah.
Salah satu peserta Raker, Yuliyati, S.Pd., guru pengampu matapelajaran bahasa Inggris, menyatakan bahwa materi tentang branding madrasah sangat bermanfaat dan membuka wawasan baru baginya.
“Saya baru menyadari bahwa branding madrasah sangat penting untuk meningkatkan citra madrasah di mata masyarakat,” ujar Wulan.
Ia berharap agar MAN 2 Kulon Progo dapat terus meningkatkan upaya branding madrasah sehingga madrasah ini semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat.
“Sebelumnya saya tidak begitu memahami pentingnya branding madrasah. Namun, setelah mengikuti Raker ini, saya menjadi lebih paham tentang manfaat dan strategi branding madrasah. Saya berharap MAN 2 Kulon Progo dapat terus meningkatkan upaya branding madrasah sehingga madrasah ini semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat.” ujar Wulan Sari, S.Pd., guru MAN 2 Kulon Progo. (sug/dpj)
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!