KUA Sentolo Dukung Progam Pemerintah PSN

Kulon Progo (KUA Sentolo) – KUA Sentolo senantiasa  berperan aktif dalam tim gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayah Kapanewon Sentolo pada Jumat (13/6/2024) . Kegiatan berlangsung di beberapa pedukuhan wilayah Sentolo secara serentak..
Rombongan dipimpin langsung oleh Panewu Sentolo, Raden Sigit Purnomo, S.I.P. Acara diikuti oleh 40 personil, terdiri dari: panewu dan jajarannya, Polsek, Koramil, PLKB, Puskesmas, Babinsa, KUA, dan Dukuh di wilayah Kapanewon Sentolo.

Disela kegiatan, penyuluh KUA Sentolo, Samsudin, S.Ag., memberikan tausiah tentang pentingnya menjaga kebersihan tubuh, dan lingkungan. Kebersihan merupakan bagian penting dalam ajaran Islam dan dianggap sebagai separuh dari iman.” Islam mengajarkan umatnya untuk menjaga kebersihan tidak hanya secara fisik tetapi juga spiritual dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Samsudin lebih lanjut menyampaikan beberapa alasan mengapa menjaga kebersihan itu sangat penting, antara lain: (1) ajaran sunah dan hadist, (2) kesehatan fisik dan mental, kebersihan berdampak pada kesehatan mental kita, karena lingkungan yang bersih dapat menciptakan suasana nyaman dan damai
(3) Kehormatan dan martabat. Menjaga kebersihan merupakan wujud penghormatan terhadap diri sendiri dan orang lain, (4) kewajiban ibadah, (5) tanggung jawab sebagai khafilah di bumi.

Sebagai Khalifah di bumi umat Islam memiliki tanggung jawab untuk menjalankan semesta dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan sehingga tidak menjadi tempat sarang nyamuk.

Sementara itu Kepala KUA Sentolo, Wildan Isa Anshory, S.H.I., M.H senantiasa mengungkapkan  disetiap ada binwin ataupun kegiatan kemasyarakatan selalu mengajak kepada masyarakat umat Islam pada masa sekarang harus terus berjihad. Jika jihad zaman nabi adalah berjuang membela Islam dari orang-orang yang ingin menghancurkan Islam, maka jihad dimasa sekarang adalah dengan berjuang menghancurkan segala hal yang mengganggu dan mengancam kehidupan manusia.

Kegiatan gerakan PSN bagi umat Islam merupakan implementasi ajaran bahwa kebersihan sebagian dari iman sekaligus jihad untuk menyelamatkan manusia dari ancaman penyakit yang disebarkan salah satunya oleh nyamuk demam berdarah. Kegiatan PSN sangat penting untuk dilakukan secara serentak rutin dan berkelanjutan. ” Hal ini dikarenakan nyamuk Aedes aegypti, vektor penyebab DBD dapat berkembang biak ditempat penampungan air juga baju-baju yang tergantung. Masyarakat di himbau untuk menjaga kebersihan lingkungan”. Ungkapnya.

Acara ditutup dengan melaporkan hasil laporan di lapangan. (cho/dpj)

1 reply
  1. M. Qomaruzzaman
    M. Qomaruzzaman says:

    Terima kasih KUA dan Penyuluh Agama Islam Sentolo, partisipatif dalam merawat kesehatan lingkungan dan masyarakat.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *