Buka Matsama MandaKu, Kakan Wahib Jamil Tantang Siswa Jadi Pemimpin Istimewa

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Ajaran 2024/2025 dengan penuh semangat di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo pada hari Senin (15/7/2024). Acara ini selain dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, Kepala MAN 2 Kulon Progo, juga dihadiri oleh perwakilan orang tua wali siswa baru, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Bidang Humas, beberapa guru dan diikuti oleh 240 siswa baru kelas X.

Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, H. M. Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd, membuka Matsama dengan menyampaikan sambutan yang penuh makna. Ia menyampaikan selamat kepada para siswa baru yang telah berhasil melewati proses seleksi ketat dan diterima di MAN 2 Kulon Progo. “Selamat kepada para siswa baru, kalian adalah siswa-siswi istimewa yang terpilih untuk belajar di MAN 2 Kulon Progo,” ungkap Wahib Jamil.

Lebih lanjut, Wahib Jamil mengingatkan para siswa baru tentang tantangan kehidupan yang akan mereka hadapi di masa depan. “Tantangan kehidupan yang akan datang akan jauh lebih kompleks dan berbeda dengan masa kini. Kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” jelas Wahib Jamil.

Wahib Jamil kemudian mengajak para siswa baru untuk menjadi siswa istimewa yang positif dan berakhlak mulia. Beliau menjabarkan tiga poin penting yang harus dipegang teguh oleh para siswa:

  1. Luruskan Niat Belajar
    “Pertama, luruskan niat kalian belajar di MAN 2 Kulon Progo. Niatkanlah belajar untuk beribadah dan meraih kesuksesan,” tegas Wahib Jamil. Beliau menekankan pentingnya memiliki niat yang baik dalam proses belajar mengajar.
  1. Junjung Tinggi Nilai-Nilai Agama
    “MAN 2 Kulon Progo dan Kementerian Agama menjadikan agama sebagai spirit dalam berperilaku dan bertutur kata. Di sini, tidak ada perundungan atau bullying. Madrasah ini adalah tempat untuk mencari kawan, bukan mencari lawan,” ujar Wahib Jamil. Beliau mengingatkan para siswa untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan saling menghormati antar sesama.
  1. Siapkan Diri Menjadi Pemimpin Masa Depan
    “Para siswa akan menjadi pemimpin-pemimpin pada masa yang akan datang. Untuk meraih kesuksesan, kalian harus memulai dari akhlak yang mulia, pola pikir yang kuat, cerdas dalam menghadapi situasi, mengedepankan kejujuran, semangat, dan pantang menyerah,” pesan Wahib Jamil. Beliau menanamkan semangat kepemimpinan dan motivasi para siswa untuk menjadi pemimpin yang berkarakter dan membawa perubahan positif bagi bangsa.

Setelah menyampaikan sambutannya, Wahib Jamil membuka Matsama MAN 2 Kulon Progo Tahun Ajaran 2024/2025 dengan mengajak seluruh yang hadir untuk membaca Surah Al-Fatihah. Acara Matsama ini berlangsung selama lima hari, Senin – Kamis, 15 – 19 Juli 2024 mendatang dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah, menumbuhkan rasa persaudaraan antar siswa, dan membangun karakter siswa MAN 2 Kulon Progo. (gia/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *